Rabu 18 May 2022 09:08 WIB

16.624 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Unair

Ada satu peserta yang terlambat dan melebihi batas toleransi.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Airlangga 1
Foto: Istimewa
Universitas Airlangga 1

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kembali dipercaya menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

Tercatat ada 16.624 peserta UTBK yang dijadwalkan mengikuti ujian gelombang pertama pada 17 Mei hingga 23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022 di Unair.

Rektor Unair Moh Nasih mengatakan pelaksanaan UTBK hari pertama yang berlangsung pada Selasa (17/5/2022) berjalan dengan baik. Bahkan, lanjutnya, suasana ujian yang dilaksanakan di beberapa ruang yang tersebar di Kampus A, B, dan C itu cukup kondusif.

"Syukur alhamdulillah pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dan kondusif. Dari 1.235 peserta di sesi pertama UTBK sebanyak 70 peserta tidak hadir," kata Nasih usai meninjau pelaksanaan UTBK di Gedung Kuliah Bersama Kampus C Unair.

 

Perihal beberapa peserta yang tidak hadir, Nasih mengatakan jumlah itu masih sangat wajar mengingat ada 95 persen peserta yang hadir. Tidak hanya itu, dari laporan hari pertama ada satu peserta yang terlambat dan melebihi batas toleransi, sehingga tidak bisa diizinkan mengikuti UTBK.

“Kami berpesan kepada seluruh peserta untuk hari-hari berikutnya agar mempersiapkan sebaik-baiknya agar tidak terlambat. Apalagi kampus kami sudah buka dari pukul 05.00 WIB,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait pemenuhan protokol kesehatan, Nasih juga mengatakan kapasitas ruangan sudah diatur sesuai prokes. Dari seluruh kapasitas komputer di masing-masing ruang, hanya 50 persen komputer yang digunakan untuk ujian.

“Dan ini juga bagian dari ikhtiar kami untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan baik bagi peserta ujian,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement