Selasa 29 Nov 2022 14:37 WIB

Siswa MAN Banyumas Buat Inovasi Sepeda Listrik

Sepeda ini juga dapat menempuh jarak hingga 25 km.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Faiz Khoirul Fuadi, siswa kelas XI MIPA 2 MAN 2 Banyumas membuat inovasi sepeda listrik sendiri.
Foto: Dok. Kemenag Banyumas
Faiz Khoirul Fuadi, siswa kelas XI MIPA 2 MAN 2 Banyumas membuat inovasi sepeda listrik sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Seorang siswa MAN di Banyumas berhasil membuat modifikasi sepeda bertenaga listrik. Faiz Khoirul Fuadi, siswa kelas XI MIPA 2 MAN 2 Banyumas, telah menggunakan sepeda hasil kreativitasnya tersebut selama setahun terakhir ini.

Selain tidak memerlukan tenaga untuk mengayuh, sepeda ini juga dapat menempuh jarak 25 km dari rumahnya ke madrasah yang berada di Desa Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berawal dari ide kalau berangkat ke madrasah jaraknya jauh dan boros BBM, maka Faiz berinisiatif membuat sepeda listrik yang lebih hemat energi dan tidak memerlukan BBM.

Sepeda listriknya dibuat menggunakan rangka sepeda bekas yang dimodifikasi dengan penggerak memakai Dinamo bldc 350 watt yang ia beli dari informasi di Facebook dalam kondisi bekas. Untuk baterai menggunakan empat buah accu kering yang biasa dipakai mesin sprayer untuk menyemprot tanaman padi.

Accu kering dirangkai secara seri, dengan kontroler 48 volt. "Untuk mengisi ulang daya listrik cukup menghubungkan charger ke stop kontak dengan lama pengisian enam jam dan bisa untuk menempuh jarak 30 km, dengan kecepatan maksimal 35 km per jam," ujar Faiz, Selasa (29/11/2022).

 

Menurut Hari Prasetio, guru vokasi dan kewirausahaan MAN 2 Banyumas, kemampuan Faiz untuk mengembangkan ide membuat sepeda listrik, diharapkan dapat memotivasi teman-temannya.

“Faiz mempunyai kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan bisa dijadikan pilihan masa depan sekaligus membuka peluang guna menumbuhkan usaha,” ujar Hari.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Banyumas Muhamad Siswanto menyambut gembira dan memberikan apresiasi atas inovasi dan kreativitas anak didiknya. “Ini adalah bentuk keberhasilan program keterampilan di MAN 2 Banyumas," katanya.

Dirinya akan mendorong siswa-siswinya untuk terus berkarya sesuai dengan bidang kemampuan yang dipelajarinya di madrasah. Saat ini MAN 2 Banyumas memiliki sembilan program keterampilan.

Antara lain Akuntansi Keuangan Lembaga, Desain Interior dan Produk Furnitur, Kriya Kayu dan Rotan, Tata Boga, Tata Busana, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, dan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement