Rabu 07 Dec 2022 23:42 WIB

Ganjar Instruksikan Reboisasi di Hulu Pegunungan Kendeng Cegah Banjir

Pemprov Jateng sedang menginventarisasi kebutuhan warga yang belum tercukupi.

Ganjar Instruksikan Reboisasi di Hulu Pegunungan Kendeng Cegah Banjir (ilustrasi).
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut.
Ganjar Instruksikan Reboisasi di Hulu Pegunungan Kendeng Cegah Banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PATI -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan pemerintah daerah melakukan reboisasi di hulu Pegunungan Kendeng demi mencegah terjadinya banjir bandang ketika curah hujan tinggi.

"Kami akan membantu menyediakan bibit tanaman. Harus segera dilakukan senyampang masih ada waktu," ujarnya di sela-sela mengunjungi desa terdampak banjir di Desa Sinomwidodo (Kecamatan Tambakromo) dan Desa Godo (Kecamatan Winong) di Pati, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, terjadinya banjir akibat pengelolaan hutan di Pegunungan Kendeng yang tidak maksimal menandakan pengelolaan hutan tersebut kurang baik, sehingga tidak ada tanaman atau pohon yang fungsinya menyangga air.

Daerah setempat, kata Ganjar, harus menjadi kawasan konservasi agar bencana banjir bandang tidak terulang.

 

Terkait bantuan, lanjut dia, Pemprov Jateng sedang menginventarisasi kebutuhan warga yang belum tercukupi karena dari sejumlah warga yang ditemui bantuan sembako hingga makanan sudah tercukupi.

"Kebutuhan warga saat ini, di antaranya kasur, kompor, peralatan sekolah, dan peralatan masak. Sedangkan rumah warga yang rusak akan dibantu dalam perbaikannya," kata Ganjar.

Sementara itu, Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan bibit tanaman untuk ditanam di kawasan Pegunungan Kendeng.

Curah hujan tinggi di Kabupaten Pati mengakibatkan lima Kecamatan di Kabupaten Pati mengalami banjir akibat meluapnya sungai setempat pada Rabu (30/11). Kecamatan yang terdampak banjir yakni Kecamatan Pucakwangi, Winong, Tambakromo, Kayen, dan Gabus. Sedangkan Kecamatan Tambakromo dan Winong merupakan daerah terparah terdampak banjir bandang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement