Sabtu 11 Mar 2023 20:32 WIB

BMKG Prakirakan Cuaca di Sekitar Gunung Merapi Pasca-Erupsi

Seluruh pihak diminta waspada jika terjadi hujan di puncak Merapi.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Luncuran awan panas Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DIY, Sabtu (11/3/2023). BPPTKG menghimbau kepada masyarakat untuk mengungsi apabila cakupan wilayah awan panas guguran lebih dari 7 kilometer dari puncak.
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Luncuran awan panas Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DIY, Sabtu (11/3/2023). BPPTKG menghimbau kepada masyarakat untuk mengungsi apabila cakupan wilayah awan panas guguran lebih dari 7 kilometer dari puncak.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan bahwa cuaca di sekitar kawasan Gunung Merapi pada 11 Maret 2023 ini berawan di malam hari. Artinya, diperkirakan bahwa tidak akan terjadi hujan pada Sabtu (11/3/2023) ini.

"Malam hari cuaca berawan, dengan kecepatan angin 2-8 kilometer per jam ke selatan-barat daya," kata Stasiun Meteorologi Yogyakarta, BMKG DIY dalam keterangan resminya, Sabtu.

BMKG DIY juga mencatat bahwa kondisi cuaca di sekitar Gunung Merapi berawan pada Sabtu dini hari. Sementara itu, pada pagi hari tercatat bahwa cuaca di sekitar Merapi cerah-berawan. 

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Sugeng Mujiyanto meminta seluruh pihak untuk mewaspadai jika terjadi hujan di puncak Merapi. Pasalnya, hujan dapat membawa material awan panas guguran Gunung Merapi yang terjadi Sabtu.

"Kalau ada kemungkinan terjadi hujan, mohon antisipasi juga karena nanti bisa jadi aliran lahar yang itu membawa material-material awan panas tadi yang memang belum terkompaksi, belum solid, akan dibawa oleh air dan nanti menjadi lumpur yang memang panas dan menyapu apapun," kata Sugeng Mujiyanto dalam press conference yang digelar melalui Zoom, Sabtu.

Kewaspadaan ini diharapkan utamanya di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi, dan masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) Merapi. Sugeng menuturkan, pihaknya juga masih mencari data terkait kemungkinan terjadinya hujan di puncak Merapi.

"Perlu dicermati juga saat kala nanti (terjadi hujan). Kita lihat adanya hujan atau tidak, kita sedang mencari datanya, curah hujannya seperti apa," ujar Sugeng.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso juga menyebut, hujan dapat memicu terjadinya lahar dan ketidakstabilan kubah lava. Agus pun menegaskan agar masyarakat tidak beraktivitas di sungai-sungai yang masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi.

"Masyarakat agar tidak beraktivitas di sungai dalam wilayah KRB ketika terjadi hujan di puncak Merapi," kata Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement