Selasa 24 Aug 2021 16:27 WIB

Gelar Demo, Pengungsi Afghanistan: Bantu Kami, Pak Jokowi

Ratusan pengungsi Afghanistan menggelar demo di depan kantor UNHCR.

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan pengungsi asal Afghanistan menggelar demonstrasi di depan kantor Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (24/8). Mereka menuntut segera ditempatkan ke negara ketiga (resettlement) karena tak memungkinkan kembali ke negara asalnya. 

Demonstrasi itu digelar sejak pagi hari. Ratusan pengungsi yang terdiri atas laki-laki, perempuan, dan anak-anak itu berkumpul di trotoar di depan kantor UNHCR. Mereka, yang datang dari berbagai tempat di Jakarta,  hadir dengan membawa spanduk dan poster bernada kecaman sekaligus permohonan. 

Baca Juga

"Perpindahan ke negara tujuan dan kebebasan adalah hak kami," demikian bunyi salah satu poster tulisan tangan yang diangkat salah satu pengungsi. 

Pengungsi lainnya, menenteng spanduk berisi kecaman kepada UNHCR. Isinya meminta UNHCR untuk tidak menyalahi prosedur kerja kovensi 1951 dan protokol 1967. "Hentikan kebijakan tak manusiawi terhadap pencari suaka di Indonesia," isi spanduk itu. 

"Kami butuh perpindahan, sebab kami hidup sengsara. Bantu Kami Pak Jokowi, Indahkan Pepres No 125 Tahun 2016," lanjut pernyataan dalam spanduk itu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement