Kamis 16 Sep 2021 21:05 WIB

Kapolda Gorontalo: Vaksinasi Upaya Pencegahan Dini

Vaksinasi massal ini digelar Polres Gorontalo bersama pemerintah daerah setempat. 

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus saat meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Gorontalo.
Foto: Humas Polda Gorontalo
Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus saat meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Gorontalo.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus SIK mengatakan, vaksinasi merupakan upaya pencegahan dini terhadap wabah virus Covid-19. Karena itu, dia mengajak, masyarakat Provinsi Gorontalo untuk divaksin dengan mendatangi titik-titik (gerai) yang telah disiapkan pemerintah daerah, TNI, dan Polri.

"Vaksin adalah bentuk ikhtiar kita dalam mencegah virus Covid-19," kata dia dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Kamis (16/9).

Wiyagus menyampaikan hal tersebut saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Lapangan Tolangohula, Desa Sukamakmur, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, Rabu (15/9). Vaksinasi massal ini digelar Polres Gorontalo bersama pemerintah daerah setempat. 

Dalam kegiatan ini sebanyak 1.200 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat. Usai divaksin masyarakat juga mendapatkan paket sembako.

Sebelum meninjau vaksinasi di Lapangan Tolangohula, Kapolda bersama pejabat utama Polda Gorontalo, juga meninjau kegiatan serupa di Foodstage Taman Menara, Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupatan Gorontalo. Di tempat ini sebanyak 1.200 dosis vaksin disiapkan. Antusias masyarakat mengikuti vaksi di wilayah ini cukup tinggi. 

"Kami menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah memiliki kesadaran untuk divaksin. Harapan kami masyarakat yang telah divaksin ini bisa mengedukasi keluarga dan tetangganya bahwa vaksin itu penting," ujar dia.

Kegiatan vaksinasi lainnya yang ditinjau Kapolda yaitu di SMP Negeri 2 Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai dan Puskesmas Bilato, Desa Lamahu, Kecamatan Bilato, Kabupatan Gorontalo. Dalam penijauan ini, Kapolda juga menyampaikan pesannya kepada masyarakat agar tak mudah diprovokasi.

"Jangan sampai terprovokasi oleh beberapa kelompok yang melakukan penghasutan untuk menolak vaksinasi yang telah diselenggarakan. Provokasi melalui media sosial itu adalah hoaks," ujar dia.

Kapolres Gorontalo, AKBP Ahmad Pardomun, mengatakan, wilayahnya merupakan kabupaten terbanyak penduduknya di Provinsi Gorontalo. Karena itu, kegiatan vaksinasi pun gencar dilakukan. 

Pada Rabu kemarin, ada empat kegiatan vaksinasi yang ditinjau Kapolda Gorontalo. Tiap titik, kata dia, menyiapkan vaksin minimal sebanyak 1.200 dosis. 

"Dalam sehari ada empat titik kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Gorontalo. Jarak antara satu titik dengan titik lainnya sangat berjauhan, naik dan turun gunung dengan kondisi jalan sulit dilalui. Ditambah hujan lebat," tutur dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement