Rabu 13 Apr 2022 19:23 WIB

Kota Kediri tidak Karantina Pemudik

Kota Kediri tidak karantina pemudik Lebaran yang sudah 'booster'.

Kota Kediri tidak karantina pemudik Lebaran yang sudah 'booster'.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kota Kediri tidak karantina pemudik Lebaran yang sudah 'booster'.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memutuskan tidak akan melakukan karantina terhadap pemudik saat libur Hari Raya Idul Fitri 2022 yang datang di Kota Kediri, setelah memastikan mereka sudah vaksinasi booster COVID-19. "Tidak ada (kebijakan karantina)," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Rabu (13/4/2022).

Ia mengatakan, pemerintah mengizinkan warga untuk mudik dengan syarat sudah vaksin dosis pertama dan kedua serta vaksin penguat atau booster COVID-19. Pemkot Kediri juga membuat kebijakan dengan menyiapkan sejumlah tempat sebagai lokasi vaksinasi booster COVID-19. Hal itu untuk memudahkan memberikan layanan kepada masyarakat yang ingin vaksinasi. Program itu juga gratis untuk masyarakat.

Baca Juga

"Di beberapa tempat kami siapkan untuk suntik booster COVID-19. Di Masjid Semampir, Kediri Mall (pusat perbelanjaan) dan di rumah sakit ada," kata dia.

Wali Kota juga berharap kasus COVID-19 terutama di Kota Kediri bisa tetap landai. Dalam beberapa waktu, di kota ini tidak ada tambahan kasus yang cukup signifikan.

Ia pun tetap meminta agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan. Hal ini juga mengantisipasi penyebaran COVID-19.Saat Ramadhan, pemkot juga tetap giat melakukan vaksinasi massal, salah satunya dilakukan di pusat perbelanjaan Kediri Mall.

Hal ini juga untuk mempercepat capaian kekebalan kelompok atau herd immunity. Kebijakan ini diadakan untuk mempercepat vaksinasi booster COVID-19 di Indonesia. Bila ada warga yang akan mudik atau keluar kota bisa booster COVID-19 dulu karena kalau sudah vaksin booster akan lebih aman.

Vaksinasi COVID-19 yang digelar selama Ramadhan 2022 ini dimulai 7 April 2022, melayani vaksin dosis pertama, kedua, dan vaksin booster COVID-19 untuk usia di atas 18 tahun, setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Jenis vaksin yang digunakan adalah Moderna dan Astra Zeneca dengan kuota sebanyak 250 orang setiap pelaksanaan vaksinasi.

Warga yang ingin vaksin bisa mendaftar dengan langsung datang ke Kediri Mall Lantai Mezzanine (depan Samsat Corner) mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB dengan membawa fotokopi KTP dan bukti vaksin atau sertifikat vaksin bagi yang akan vaksinasi kedua maupun booster COVID-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement