REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto menggandeng master catur internasional menyelenggarakan pertandingan catur di dalam kereta api, yakni di KA Kamandaka relasi Purwokerto – Gumilir PP, Selasa (14/6/2022). Kegiatan ini merupakan bentuk promosi moda transportasi KA khususnya pada KA Kamandaka relasi Cilacap – Semarang Tawang PP.
Sebanyak empat orang master catur menunjukkan kemampuannya dalam ajang tersebut. Mereka adalah master catur yang telah berkecimpung dalam dunia olah raga catur hingga kancah internasional, diantaranya adalah Heladyanda Mutiara Mamuntu (11 tahun) – Banyumas, disamping sebagai Putri Cilik Jawa Tengah 2022, juga meraih Peringkat 3 Catur Cepat U8-Malaysia Open dan Peringkat 2 Kejurprov Jawa Tengah 2019.
Alya Sekar Kinasih (21 tahun) – Banyumas, seorang Women Fide Master serta mendapatkan medali perak PON Papua 2021. Akmalnaidi Akbar (21 tahun) – DKI Jakarta, National Master dan Peringkat 1 SCUA Fide rates Chess Tournament 2022, serta Farid Firmansyah (28 tahun) – Jawa Barat, Internasional Master, Juara 3 Fide Online World Corporate Chess Championship 2021 dan peraih dua medali emas PON Papua 2021.
"Kami menyelenggarakan event catur ini sebagai wujud dukungan KAI dalam mendukung dunia olahraga khususnya cabang olah raga catur. Sedangkan pelaksanaan pertandingan yang diselenggarakan di dalam kereta yang sedang berjalan tentunya menjadi event yang unik dan menarik," jelas Vice President Daerah Operasi 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat.
Selain pelaksanaan pertandingan catur, Daop 5 juga menyosialisasikan cara pembelian tiket menggunakan KAI Access dan pembayaran terbaru secara elektronik menggunakan KAI Pay. "Untuk diketahui, sejak pandemi Covid-19 stasiun tidak lagi melayani pemesanan tiket, semua transaksi pembelian tiket sudah menggunakan KAI Access dan melalui mitra resmi penjualan tiket KAI yang lain,” imbuh Daniel.
Sementara KAI Pay adalah alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. KAI Pay merupakan bagian dari transformasi digital untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan.
“Diharapkan hadirnya KAI Pay ini dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat melakukan berbagai transaksi di aplikasi KAI Access,” jelasnya.
Untuk menggunakan KAI Pay, setiap pelanggan perlu melakukan aktivasi KAI Pay di aplikasi KAI Access dengan mengisi data diri sekaligus mengisi PIN KAI Pay. PIN KAI Pay ini digunakan sebagai verifikasi pembayaran pelanggan sekaligus menjaga keamanan pembayaran.
Daniel menambahkan, alasan Stasiun Gumilir dipilih untuk rute perjalanan dalam event pertandingan catur ini adalah untuk menginformasikan kembali kepada masyarakat bahwa stasiun tersebut kembali melayani naik turun penumpang sejak resmi dilakukan reaktivasi pada 1 April 2022 lalu.
Stasiun Gumilir melayani empat perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) pulang pergi (PP) dan empat kereta api aglomerasi dengan berbagai kota tujuan mulai 1 April 2022. Berikut ini daftar KA yang berhenti di Stasiun Gumilir antara lain, pertama, KA Wijayakusuma (KA 115C relasi Ketapang – Cilacap kedatangan 02.05 WIB dan keberangkatan 02.07 WIB dan KA 116C relasi Cilacap – Ketapang kedatangan 15.21 WIB dan keberangkatan 15.23 WIB)
Kedua, KA Purwojaya (KA 87C relasi Gambir – Cilacap kedatangan 05.06 WIB dan keberangkatan 05.12 WIB, KA 88A relasi Cilacap – Gambir kedatangan 14.36 WIB dan keberangkatan 14.38 WIB), ketiga, KA Joglosemarkerto (KA 224B relasi Cilacap – Yogyakarta kedatangan 06.11 WIB dan keberangkatan 06.13 WIB, KA 223B relasi Yogyakarta – Cilacap kedatangan 14.10 WIB dan keberangkatan 14.14 WIB)
Serta keempat, KA Kamandaka (KA 225A relasi Semarang Tawang – Cilacap kedatangan 13.14 WIB dan keberangkatan 13.16 WIB, KA 330A relasi Cilacap – Semarang Tawang kedatangan 14.06 WIB dan keberangkatan 14.12 WIB). Adapun untuk volume penumpang naik dan turun di Stasiun Gumilir untuk KA Aglomerasi dan KA jarak jauh rata-rata 106 penumpang.
Melihat okupansi penumpang naik dan turun di Stasiun Gumilir dan dengan event ini diharapkan mendongkrak peningkatan jumlah okupansi penumpang naik dari Stasiun Gumilir. “ #Ayonaikkereta, merupakan bentuk ajakan kami kepada masyarakat untuk terus menggunakan moda transportasi KA. Melayani lebih cepat dan lebih baik diharapkan menjadi trigger insan KAI khususnya Daop 5 Purwokerto dalam melayani pelanggan untuk senantiasa menciptakan service excellent,” kata dia.