Sabtu 25 Feb 2023 15:39 WIB

Rakernas IndoCEISS-CORIS di Amikom Dorong Pengembangan SDM

Kegiatan berlangsung selama dua hari sejak Jumat hingga Sabtu (24-25/2).

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Ketua Umum Ketua Umum IndoCEISS, Sri Hartarti, berfoto bersama dengan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Suyanto, usai menggelar konferensi pers kegiatan Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 di Universitas Amikom Yogyakarta, Sabtu (25/2).
Foto: Febrianto Adi Saputro
Ketua Umum Ketua Umum IndoCEISS, Sri Hartarti, berfoto bersama dengan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Suyanto, usai menggelar konferensi pers kegiatan Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 di Universitas Amikom Yogyakarta, Sabtu (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- IndoCEISS bekerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IndoCEISS-CORIS 2023 di Universitas Amikom Yogyakarta, Sabtu (25/2/2023).  Ketua Umum IndoCEISS, Sri Hartarti mengatakan, rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rakernas tersebut bertujuan untuk mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Di Indonesia itu dengan sekian banyaknya perguruan tinggi itu variasinya sangat tinggi, ada yang sekelas dunia, ada yang kelas awal, untuk seperti itu maka perlu pengembangan SDM, yang tinggi-tinggi ini nularin lah yang masih kecil-kecil tadi," kata Sri dalam konferensi pers di Universitas Amikom Yogyakarta.

Selain itu juga digelar sejumlah workshop yang tujuannya untuk mengembangkan SDM. Misalnya seperti bagaimana melakukan publikasi dan meningkatkan kualitas publikasi.

"Kalau ukuran universitas itu kan berapa publikasinya, berapa level publikasinya yang internasional scopus level berapa itu termasuk Q berapa. Universitas yang masih paham dengan seperti itu kita undang," ujarnya.

 

Tidak hanya itu, juga digelar workshop menulis proposal penelitian untuk persiapan S3. Menurut Sri selama ini kendala seseorang untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang S3 adalah proposal penelitian. "Ini banyak yang belum begitu paham itu kita lakukan kegiatan itu," kata dia.

Ketua panitia Rakernas IndoCEISS-CORIS, Nurul Hidayat, mengungkapkan rakernas dan workshop diikuti oleh 160 peserta. Kegiatan berlangsung selama dua hari sejak Jumat (24/2) hingga Sabtu (25/2) ini.

"Jadi setiap provinsi ada pengurus IndoCEISSS-CORIS. Dengan adanya rapat kerja yang diadakan tiap tahun ini harapannya bisa saling kolaborasi bersinergi saling menguatkan untuk menuju perguruan tinggi yang unggul, karena didatangkan para pakar-pakar ya dari bidang pendidikan terutama dari lembaga akreditasi mandiri," jelasnya.

Diketahui pada hari pertama kegiatan Rakernas IndoCEISS-CORIS 2023 difokuskan untuk membahas rencana kerja departemen dan provinsi. Rencana kerja itu nantinya akan menjadi acuan kegiatan departemen/provinsi selama setahun ke depan dalam membesarkan peran IndoCEISS di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement