Sabtu 04 Mar 2023 09:06 WIB

Eks Pelatih Akademi United: Siapa Pun Pelatihnya, Rashford akan Jadi Pemain Top

Sejak di akademi, Rashford selalu menjadi superstar.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester United
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pelatih Akademi Manchester United, Nicky Butt, mengaku tidak terkejut dengan performa impresif yang ditunjukan Marcus Rashford dalam beberapa bulan terakhir. Eks gelandang United itu menilai, Rashford memiliki kemampuan untuk bersaing dengan penyerang papan atas di dunia.

Butt diketahui sempat menjabat sebagai Kepala Akademi United pada 2016 silam. Sempat menjadi pelatih tim cadangan United dan asisten pelatih Ryan Giggs di United, Butt juga sempat menjabat sebagai kepala pengembangan tim utama saat United masih ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Baca Juga

Seiring tanggung jawabnya di United, terutama saat bekerjasama dengan para pemain muda Setan Merah, Butt pun menjadi saksi kemunculan pemain-pemain muda Setan Merah, termasuk Rashford. Penyerang berusia 24 tahun itu mulai dipercaya mengisi tim utama Setan Merah pada Februari 2016 silam. 

Kini, Rashford tengah berada dalam performa terbaiknya. Penyerang berusia 25 tahun itu sukses mengemas 17 gol pasca gelaran Piala Dunia 2022. Total, Rashford sudah mencetak 25 gol dari 39 penampilan di semua ajang pada musim ini. Catatan ini menjadi torehan gol terbanyak Rashford sejak dipromosikan ke tim utama Setan Merah.

Butt, yang pernah bekerjasama dengan Rashford pada 2016, mengaku tidak terkejut dengan kemampuan penyerang asal Inggris tersebut. ''Iya, dia memang pemain yang bagus. Dia luar biasa. Siapapun pelatihnya, dia akan tetap menjadi pemain top,'' kata Butt seperti dikutip Daily Mail, Jumat (3/3/2023).

Dalam kemampuan olah bola dan teknik permainan di atas lapangan, ujar Butt, Rashford memiliki talenta yang sama besar dengan pemain top lain. Mantan gelandang Newcastle United itu pun menyebut, Rashford hanya membutuhkan sedikit keyakinan dan kepercayaan diri untuk bisa memenuhi semua potensi tersebut.

''Dalam hal talenta sepak bola, dia sama bagusnya dengan pemain top lain. Dia hanya perlu yakin dan percaya dengan kemampuannya. Rasanya, saat ini, dia sudah menemukan keyakinan dan kapercayaan tersebut,'' kata Butt.

Mantan gelandang Timnas Inggris itu mengenang kerjasama dengan Rashford saat masih menangani akademi United. Menurutnya, Rashford selalu menjadi pemain yang menarik perhatian lantaran kemampuannya, baik dari aspek pergerakan, teknik, hingga penguasaan ruang di lapangan.

''Dia selalu menjadi pemain yang ingin saya promosikan. Sama halnya seperti Ryan Giggs dan pemain-pemain terbaik yang pernah bekerjasama dengan saya. Mereka selalu menonjol dan pada akhirnya mereka semua yang menjadi superstar,'' ujar Butt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement