Rabu 29 Mar 2023 12:49 WIB

FBIK Unissula Buka Peminatan Baru Content and Creative Media

Ini akan menjadi jawaban atas besarnya potensi ekonomi industri kreatif.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus Unissula
Foto: Unissula
Kampus Unissula

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pesatnya perkembangan industri kreatif di Tanah Air mengilhami Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah, membuka konsentrasi ilmu Content and Creative Media.

Konsentrasi ilmu (jurusan) baru Prodi Ilmu Komunikasi ini, telah resmi dibuka dan sudah siap menerima para mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2023/ 2024 ini. Dekan FBIK Unissula, Trimanah MSi mengatakan, konsentrasi atau peminatan Content and Creative Media akan menjadi jawaban atas besarnya potensi ekonomi industri kreatif.

Nilai tambah yang dihasilkan sektor industri kreatif ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Di 2019 saja mampu menyumbangkan Rp 1.153,4 triliun Produk Domestik Bruto (PDB)  atau setara dengan 7,3 persen total PDB Nasional.

Sektor ini juga mampu menyerap 15,2 persen tenaga kerja. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat ini sedang menggencarkan program lahirnya pelaku ekonomi kreatif baru. “Yakni dengan menggerakkan banyak pihak agar terlibat dalam penyiapan berbagai sumberdaya yang memang dibutuhkan,” jelasnya, Rabu (29/3/2023).

 

Dari 17 subsektor ekonomi kreatif, empat di antaranya mengalami pertumbuhan tercepat, meliputi film, animasi dan video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual (DKV). Keempat subsektor ini sangat bergantung kepada sumber daya manusia yang mampu melahirkan ide, pengetahuan, dan keterampilan lewat daya pikir serta kreativitas.

"Sehingga bisa menciptakan atau memberi nilai tambah pada suatu objek ekonomi melalui pengemasan pesan-pesan komunikasi dan dengan memanfaatkan media digital yang semakin variatif," ujarnya.

Maka, SDM dengan kemampuan empat subsektor tersebut sangat diperlukan di era sekarang. “Ini menjadi momentum bagi Prodi Ilmu Komunikasi Unissula untuk semakin memantapkan diri dalam mempersiapkan peminatan atau konsentrasi Content and Creative Media,” tegasnya.

Trimanah juga menyampaikan, mahasiswa konsentrasi ini nantinya diarahkan untuk menjadi penggagas dan perancang konten dan media kreatif ke dalam suatu prototype yang siap diterapkan.

Ia juga menyampaikan, penambahan peminatan baru ini juga melengkapi dua peminatan yang saat ini sudah ada yaitu Marketing Communication dan Broadcasting Journalism.

Ketiga konsentrasi ini nantinya akan saling melengkapi dalam menyediakan lulusan-lulusan yang terampil dan kreatif, sesuai kebutuhan pasar yang sejalan dengan tagline Prodi Ilmu Komunikasi Unissula yakni Mencetak Generasi Kreatif, dan misi besar Unissula, Bismillah Membangun Generasi Khaira Ummah.

Kurikulum yang disiapkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Unissula, lanjutnya, dirancang dengan memperhatikan kebutuhan pasar dan lapangan pekerjaan dan juga misi besar Unissula. Kombinasi antara peningkatan keterampilan praktis dan konsep maupun teori keilmuan komunikasi serta penanaman nilai-nilai keislaman menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan, sebagai menjadi ciri dari setiap lulusannya.

Saat ini, Prodi Ilmu Komunikasi Unissula telah membuka masa pendaftaran mahasiswa baru melalui website resmi pmb.unissula.ac.id. Masa pendaftaran dibuka sampai 31 Agustus 2023. “Pendaftaran akan ditutup sebelum batas akhir pendaftaran, jika kuota mahasiswa baru telah terpenuhi,” tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement