Kamis 13 Apr 2023 06:09 WIB

Program Mitra Desa dan Social Project UMP Bantu Pengembangan UMKM

Kegiatan telah berlangsung sejak 11 Februari hingga 8 April 2023.

Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Foto: UMP
Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar penutupan program Mitra Desa dan Social Project di Balai Desa Pasir Lor, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Acara dihadiri oleh Kepala Desa Pasir Lor Dati Rahayu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Pasir Lor Luqman Hakim, Babinsa beserta Bhabinkamtibmas Desa Pasir Lor, Dekan FEB UMP Assoc Prof Naelati Tubastuvi, wakil dekan I dan II, ketua Lembaga Keluarga Mahasiswa FEB UMP, serta warga Desa Pasir Lor.

Ketua Mitra Desa BEM FEB UMP Cindy Salawatan Trisyanti mengatakan kegiatan telah berlangsung sejak 11 Februari hingga 8 April 2023 dengan dua program unggulan, yakni Pendampingan UMKM dan EFFON (Economic Family Foundation) melalui pengajaran di TK dan TPQ.

"Terima kasih kepada seluruh pihak Desa Pasir Lor yang telah mengizinkan kami berkegiatan di sini dan membantu menyukseskannya. Mohon maaf apabila selama kegiatan masih ada kekurangan atau perilaku yang kurang sopan dari kami," katanya.

Sementara itu, Presiden BEM FEB UMP Luthfi Arie Widzayanto mengatakan penutupan program tersebut hanyalah simbolis yang tidak berarti memangkas jalinan di antara warga dan mahasiswa yang terlibat.

"Saya harap silaturahim ini tetap dapat terjalin dan terjaga walaupun kegiatan Mitra Desa sudah selesai," tegasnya.

Dekan FEB UMP Assoc Prof Naelati Tubastuvi menyampaikan harapan atas terselenggaranya program tahunan mahasiswa FEB UMP tersebut.

"Semoga tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal, yakni mampu mengembangkan potensi mahasiswa di bidang UMKM dan mengajar sebagai bentuk kepedulian mahasiswa agar tercipta nilai-nilai sosial serta bermanfaat bagi sesama," jelasnya.

Hasil kegiatan Mitra Desa bidang UMKM, yakni melakukan pendampingan produksi, pemotretan produk, pendampingan promosi dan pemasaran, pendampingan pembukuan, pendampingan design, melakukan penjualan, serta pembuatan video profil. Adapun UMKM yang dibina, yaitu Keripik Asli Rasa Bu Musringah, Cireng Astri, dan Permen Jahe Asli Cap 99.

Salah seorang pelaku UMKM, Aris Setiyadi mengaku sangat bersyukur atas pendampingan yang telah dilakukan. “Saya sangat berterima kasih kepada panitia karena ini sangat bermanfaat bagi kami,” jelasnya.

Pada bidang EFFON telah dilakukan kegiatan pengajaran di TK PKK dan TPQ Nurul Hikmah berupa edukasi dan praktik pengolahan sampah, edukasi dan praktik tolong menolong, edukasi adab menimba ilmu, edukasi pengetahuan alam, praktik kerajinan tangan, serta lomba-lomba.

Sementara di TPQ telah dilakukan kegiatan edukasi adab menimba ilmu, kuis pengetahuan Islam, cerita kisah nabi, edukasi puasa dan bulan ramadan, serta beragam perlombaan.

Kepala Sekolah TK PKK Tarwati mengaku senang lantaran kegiatan Mitra Desa banyak memberikan dampak baik bagi anak-anak, khususnya di TK tersebut.

"Panitianya sangat ramah dan langsung mudah berbaur dengan anak-anak. Kemudian saat kami meminta bantuan materi mereka langsung sigap melakukannya," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement