Rabu 19 Apr 2023 13:02 WIB

Daop 6 Yogyakarta Prediksi Puncak Arus Mudik Berlangsung Hari Ini

Pemudik menggunakan kereta api tahun ini meningkat signifikan.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Suasana arus mudik Lebaran di Stasiun Balapan Solo, Rabu (19/4/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana arus mudik Lebaran di Stasiun Balapan Solo, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Puncak arus mudik di wilayah Daop 6 Yogyakarta diprediksi berlangsung hari ini atau H-3 lebaran. Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan per hari ini sejak pukul 06.00 WIB sudah ada 4.329 orang yang turun di Stasiun Balapan Solo.

Pihaknya memprediksi angka tersebut akan naik mengingat hari ini adalah hari pertama cuti berlangsung. "Jadi untuk hari ini update pukul 06.00 arus mudik dari berbagai kota yang turun di Stasiun Solo Balapan itu sekitar 4.329 yang sudah tercatat. Kemungkinan puncaknya hari ini karena bersamaan dengan awal cuti bersama," kata Franoto, Rabu (19/4/2023).

Franoto mengungkapkan bahwa arus mudik yang menggunakan kereta api tahun ini terjadi kenaikan signifikan. "Volume penumpang di masa angkutan Lebaran ini lebih besar sekitar 43 persen dibanding 2022," ujarnya.

Oleh sebab itu, untuk menjaga pelayanan selama arus mudik maupun balik, Franoto mengungkapkan ada pendirian posko-posko terpadu. Di sana tidak hanya KAI namun juga dari dinas-dinas terkait.

"Posko terpadu di Solo Balapan ini terdiri tidak hanya dari internal KAI tapi dari aparat keamanan dari kewilayahan juga termasuk setiap hari juga ada posko dari dinas-dinas lain sepeti DJKA yang memastikan operasional kereta api dan pelayanan kepada penumpang di arus mudik ini di masa angkutan lebaran berjalan dengan baik," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement