Ahad 30 Apr 2023 15:08 WIB

Hanum Rais Beberkan Alasan Tinggalkan PAN, Gabung Partai Ummat

Hanum sudah memberikan surat pengunduran diri dari PAN pada Ramadhan 2023 lalu.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Eks politikus PAN Hanum Salsabiela Rais bergabung dengan Partai Ummat untuk menjadi caleg 2024.
Foto: Republika.co.id/Silvy Dian Setiawan
Eks politikus PAN Hanum Salsabiela Rais bergabung dengan Partai Ummat untuk menjadi caleg 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Hanum Salsabiela Rais mengungkapkan alasannya bergabung dengan partai yang didirikan sang ayahanda, Amien Rais, Partai Ummat. Hanum menjadi salah satu nama yag diusung Partai Ummat sebagai bakal calon legislatif (caleg) dalam Pemilu 2024 mendatang dalam rapat kerja wilayah (rakerwil) Partai Ummat DIY, Sabtu (29/4/2023).

Hanum menuturkan, dirinya sudah memantapkan diri untuk maju sebagai caleg di Pemilu 2024 mendatang. Keluarnya Hanum dari Partai Amanat Nasional (PAN) dikarenakan adanya perang batin yang ia rasakan, terutama setelah Amien Rais mendirikan Partai Ummat.

Baca Juga

"Ini bagian dari birrul walidain saya kepada Pak Amien Rais ayah saya, yang saya tahu perjuangannya seperti apa, dan ya seluruh keluarga juga mendukung. Jadi bismillah," jelasnya di Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (29/4/2023).

"Jadi memang cukup berat ya, selama ini ada perang batin. Saya melihat tidak usah mengungkit masa lalu, tapi mungkin nilai-nilai yang saya harapkan sudah tidak saya temukan lagi. Nilai-nilai yang selama ini Pak Amien Rais, ayahanda saya itu ajarkan itu sudah, itu tadi saya katakan lingkungannya sudah tidak mendukung," kata Hanum menambahkan.

Rakerwil ini juga dihadiri Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais. Putri Amien Rais tersebut menyebut telah mengundurkan diri dari PAN.

Saat ini, Hanum masih menjabat anggota DPRD DIY dari fraksi PAN. Hanum mengatakan, ia sudah memberikan surat pengunduran diri dari PAN pada Ramadhan 2023 lalu. "(Pengunduran diri) Itu saya sudah informasi Pak Ketum PAN, sudah paham saya sudah mengundurkan diri juga," kata Hanum yang juga seorang penulis penghasil karya-karya novel best seller tersebut.

Hanum menyebut, untuk proses diusung sebagai caleg dari Partai Ummat ini sedang berjalan. Meski begitu, ia tidak mengatakan apakah akan mencalonkan diri sebagai caleg di DPRD DIY atau DPR RI dari dapil DIY. "Saya enggak tahu (di DPRD DIY atau DPR RI), kan yang penting prosesnya sudah berjalan ya," ujar Hanum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement