Rabu 10 May 2023 17:19 WIB

Survei: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di Jawa Timur

Suara Prabowo merata di beberapa sektor pemilih.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Sambutan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat menghadiri reuni akbar dan halal bihalal bersama Purnawarman TNI dan Polri di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Rabu (3/5/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Sambutan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat menghadiri reuni akbar dan halal bihalal bersama Purnawarman TNI dan Polri di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Rabu (3/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) memaparkan hasil survei terkait elektabilitas calon presiden di Jawa Timur untuk Pemilu 2024. Direktur ARCI Baihaki Sirajt menjelaskan, dari tiga nama Capres yang telah dideklarasikan, Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dengan raihan 29,7 persen.

"Simulasi tiga calon, Prabowo Subianto memiliki elektabikitas tertinggi di Jawa Timur unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan," kata Baihaki di Surabaya, Rabu (10/5/2023).

Baihaki melanjutkan, di posisi kedua ada nama Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 28,5 persen, dan Anies Baswedan 15,2 persen. Namun demikian, masih ada 23,3 persen responden yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab.

Baihaki menjelaskan, suara Prabowo merata di beberapa sektor pemilih. Terutama pada pemilih Nahdliyin, Prabowo menjadi figur capres yang banyak dipilih dengan raihan 31,06 persen. Sementara Ganjar hanya meraih 30,01 perswn, dan Anies Baswedan 18,4 persen. Masih ada 20,5 persen responden dari kalangan Nahdliyin yang belum menentukan pilihan.

"Jadi di kalangan Nahdliyin, Prabowo ini banyak yang memilih," ujarnya.

Dalam survei Capres top of mind, lanjut Baihaki, Prabowo juga unggul dengan raihan 17,7 persen. Di posisi selanjutnya ada Ganjar Pranowo dengan raihan 17,3 persen, Anies Baswedan 11,9 persen, dan Mahfud MD 9,7 persen. Namun demikian, ada sebanyak 43,3 persen responden yang masih belum menentukan pilihan.

Survei ARCI dilakukan pada 25 April hingga 4 Mei 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.249 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/ kota di Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 peraen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement