Jumat 02 Jun 2023 19:40 WIB

UGM Masuk 50 Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Ranking

Pemeringkatan disusun oleh analis pendidikan tinggi global.

Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat 50 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education (THE) kategori Impact Ranking 2023 dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 1, 7, dan 9.

"Kontribusi UGM dalam pencapaian SDG's adalah bukti dari pelaksanaan misi tersebut," kata Rektor UGM Prof Ova Emilia dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat (2/6/2023).

Misi UGM, lanjutnya, adalah menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

THE merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas-universitas di dunia berdasarkan 17 SDG's yang ditentukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tabel pemeringkatan THE Impact Rankings 2023 menempatkan UGM di peringkat 23 dunia untuk kategori SDG's 1 yaitu Tanpa Kemiskinan (No Poverty), peringkat 33 untuk kategori 7 yaitu Energi Bersih dan Terjangkau (Affordable and Clean Energy), dan peringkat 46 untuk kategori 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth).

Selain itu UGM juga masuk dalam peringkat 100 perguruan tinggi terbaik untuk kategori DGS's 9 yaitu Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (peringkat 95) dan SDG's 14 yaitu Ekosistem Lautan (peringkat 98).

THE juga menempatkan UGM pada posisi 200 besar dunia untuk kategori tujuan SDG's lainnya seperti Tanpa Kelaparan (2), Kesetaraan Gender (5), dan Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh (16).

Pemeringkatan yang disusun oleh analis pendidikan tinggi global THE ini dilakukan terhadap 1.591 perguruan tinggi di dunia. "Secara keseluruhan UGM menempati posisi 200 besar dunia pada pemeringkatan kali ini," kata dia.

Metodologi yang digunakan oleh THE adalah penilaian terhadap beberapa metrik yang relevan dari setiap tujuan pembangunan berkelanjutan. Pengumpulan data masing-masing metrik berasal dari berbagai sumber, termasuk data yang diajukan oleh perguruan tinggi dan data bibliometrik dari Elsevier.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement