Sabtu 03 Jun 2023 20:42 WIB

Harga Daging Ayam di Kulonprogo Naik, Ada Apa?

Harga sayur sudah satu pekan terakhir sangat tinggi.

Penjual memotong daging ayam untuk pelanggan di Pasar Prawirotaman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Penjual memotong daging ayam untuk pelanggan di Pasar Prawirotaman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Harga daging ayam di tingkat pedagang pasar rakyat di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami kenaikan yang cukup signifikan akibat permintaan tinggi, sedangkan pasokan ayam stabil Rp 36 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang ayam di Sentolo Santo di Kulonprogo mengatakan harga daging ayam dalam tiga hari terakhir berkisar Rp 40 ribu per kilogram.

"Harga normal daging ayam potong berkisar Rp 34 ribu sampai Rp 36 ribu per kilogram. Tapi dalam tiga hari ini berkisar Rp 40 ribu per kilogram," kata Santo.

Ia mengatakan kenaikan harga daging ayam ini disebabkan oleh tingginya permintaan, tapi pasokan ayam stabil.

"Saat ini di masyarakat banyak hajatan, sehingga permintaan daging ayam tinggi," katanya.

Pedagang sayur keliling Tatik Sunarni mengatakan harga sayur sudah satu pekan terakhir sangat tinggi. Sayur kajang panjang yang biasanya berkisar Rp6 ribu sampai Rp7 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 10 ribu hingga Rp 11 ribu per kilogram.

Kemudian bayam Rp 2.500 per ikat, sekarang Rp 3.500 per ikat. Begitu juga dengan sayur kangkung dari Rp 2.000 per ikat menjadi Rp 3.500 per ikat.

"Harga sayur dari petani sudah mahal. Katanya pupuk mahal dan sudah susah air," katanya.

Salah satu pedagang telur di Sentolo Sugeng mengatakan harga telur sudah berangsur turun. Pada akhir Mei, harga telur di atas Rp 30 ribu, sekarang sudah berkisar Rp 28 ribu sampai Rp 29 ribu per kilogram.

"Harga telur berangsur turun. Permintaan masyarakat juga sudah turun," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo Endang Zulywanti mengatakan harga kebutuhan pokok minggu ini sebagian besar tetap. Artinya tidak ada kenaikan yang signifikan. Sempat harga telor yg melonjak sampai sekitar Rp 32 ribu sampai Rp 33 ribu per kilogram. Namun sekarang sudah turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Saat ini, komoditas yang masih tinggi daging ayam ras kisaran Rp 36 ribu per kilogram. Hal ini disebabkan banyak permintaan di bulan dan menjelang bulan besar karena masyarakat banyak hajatan.

Selanjutnya, komoditas yang mulai naik, yakni bawang putih. Hal ini karena komoditas ini masih impor.

"Untuk antisipasi lonjakan harga, kami selain tetap pantau harga di pasar dan produsen. Kami juga berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan sosialisasi kepada masyarakat untuk belanja bijak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement