Ahad 04 Jun 2023 16:35 WIB

Teknologi VAR Dipasang di 22 Stadion, Erick Thohir: Harus Berstandar Internasional

Standardisasi stadion-stadion di Indonesia harus berkualitas internasional.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat mengunjungi Stadion Manahan Solo, Ahad (4/6/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat mengunjungi Stadion Manahan Solo, Ahad (4/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Gelaran kompetisi Liga 1 2023/2024 akan memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang mulai diberlakukan Februari tahun depan. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut pemasangan VAR merupakan salah satu hal yang masuk dalam blueprint PSSI.

Menurut Erick, teknologi VAR juga untuk standardisasi 22 stadion di Indonesia. "Karena memang seperti kita ketahui standardisasi stadion-stadion di Indonesia harus berkualitas internasional. Ini sejalan dengan blueprint yang disampaikan PSSI kepada FIFA dan waktu itu juga dapat dukungan penuh Bapak Presiden Jokowi dengan Menteri PUPR yang akan merenovasi 22 stadion untuk kepentingan tim nasional, Liga 1, dan Liga lainnya. Makanya kita memberanikan diri menggunakan VAR di tahun depan," katanya.

 

Ia juga mengungkapkan Stadion Manahan Solo, adalah salah satu yang sudah siap. Kendati penerapannya baru akan dilakukan tahun depan.  "Alhamdulillah, salah satunya tentu Manahan yang saya rasa fasilitas sudah ada. Ini mestinya yang siap," ujar dia.

 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Rini Kusumandari mengatakan, untuk fasilitas VAR sudah siap. Ia mengungkapkan hal tersebut tinggal menunggu kamera yang akan digunakan untuk VAR.

"Sudah siap, tinggal kameranya saja. Tidak tahu nanti kameranya, saya hanya menyiapkan ruangan dan peralatan saja," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement