Senin 05 Jun 2023 07:39 WIB

Batal Tonton Balapan Formula E 2023 di Ancol, Jokowi Long Weekend di Yogya

Menurut Menpora, Jokowi liburan di Yogyakarta sehingga tak hadir di Formula E 2023.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak datang ke acara Formula E 2023, yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, Ahad (4/6/2023). Padahal, tahun lalu Jokowi datang dan memberikan piala kepada Mitch Evans yang berhasil menjadi juara Formula E Jakarta 2022.

Panitia sempat menyampaikan, Jokowi bakal hadir menyaksikan langsung balapan mobil listrik tersebut pada tahun ini. Namun, selama dua hari balapan dilangsungkan, RI 1 tidak muncul di lokasi.

Menteri Pemuda dan Olahraga, (Menpora) Dito Ariotedjo, mengatakan alasan Presiden Jokowi tidak datang ke Formula E 2023 karena sedang berada di luar kota tepatnya di daerah Yogyakarta. "Kebetulan kan beliau long weekend, jadi memang sudah diagendakan dari jauh hari, untuk di Yogyakarta. Kegiatan di Yogya," kata Dito di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada Ahad.

Baca: Presiden Jokowi dan Pj Heru Budi akan Nonton Langsung Formula E 2023

Ditanya apakah kedatangan Dito untuk mewakili Presiden Jokowi di acara Formula E 2023, ia hanya menjawab singkat. "Saya mewakili pemerintah lah," ujar Dito.

Sebelumnya, Project Director Jakarta E-Prix 2023, Ivan Cahya Permana, mengatakan, Presiden Jokowi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dijadwalkan datang untuk menonton balapan Formula E yang digelar di Ancol pada Sabtu-Ahad (3-4/6/2023). "Akan datang. Insya Allah ya kemarin disampaikan kepada kami akan datang,\" kata Ivan di Ancol, pada Selasa (9/5/2023).

Dia pun berharap, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dan ketua umum partai politik lainnya juga datang untuk menghadiri acara Formula E 2023. "Iya kalau lihat tahun lalu kan Pak Presiden, Pak Wapres, ketua partai semua pada datang, ya insya Allah tahun ini semuanya datang," ujar Ivan.

Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther dari Jerman merebut juara 1 Gulavit Jakarta E-Prix 2023 seri ke-11, Ahad. Juara kedua Jake Dennis (Inggris) dari tim Avalanche Andretti dan juara ketiga Mitch Evans (Australia) dari Jaguar TCS Racing. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan piala kepada pemenang.

Sebelumnya pada hari Sabtu (3/6/2023) penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua Steering Comittee Formula E 2023 Bambang Soesatyo (Bamsoet) kepada juara keempat. Setelah Bamsoet penyerahan dilakukan oleh Ketua Official Comittee Formula E 2023 Ananda Mikola kepada juara ketiga dan Direktur GulaVit Randy Suparman kepada juara kedua.

Terakhir, penyerahan hadiah juara pertama dilakukan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Mereka yang menerima piala yakni pembalap TAG Heuer Porsche Pascal Wehrlein (juara 1), pembalap Avalanche Andretti Jake Dennis (juara 2), pebalap Maserati MSG Maximilian Günther juara 3), dan pembalap DS Penske Stoffel Vandoorne (juara 4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement