Senin 03 Jul 2023 12:56 WIB

Ini Rentang Biaya UKT di UI, Ada yang Rp 500 Ribu Hingga Rp 20 Juta

Pembagian nominal UKT di Universitas Indonesia dibagi berdasarkan rumpun ilmu

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gedung Rektorat Universitas Indonesia di Kota Depok, Jawa BaraBerikut adalah informasi soal nominal uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa program sarjana dan program pendidikan vokasi jalur seleksi
Foto: Dok Humas UI
Gedung Rektorat Universitas Indonesia di Kota Depok, Jawa BaraBerikut adalah informasi soal nominal uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa program sarjana dan program pendidikan vokasi jalur seleksi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) favorit menjadi dambaan banyak para calon mahasiswa. Salah satu PTN yang menjadi favorit adalah Universitas Indonesia (UI). Berikut adalah informasi soal nominal uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa program sarjana dan program pendidikan vokasi jalur seleksi nasional tahun akademik 2023/2024.

Nominal UKT UI tercantum pada lampiran Surat Keputusan Rektor UI Nomor 402/SK/R/UI/2023 tentang Tarif Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Jalur Seleksi Nasional Tahun Akademik 2023/2024. Di sana terlihat UKT di UI terbagi menjadi 11 kategori.

Baca Juga

Pembagian nominal UKT dibagi berdasarkan rumpun ilmu. Pertama, ada rumpun ilmu sains teknologi dan kesehatan yang terdiri dari delapan fakultas, yakni kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan, farmasi, matematika dan IPA, teknik, serta ilmu komputer.

Untuk UKT di rumpun ilmu sains teknologi dan kesehatan, UKT kategori I ada di rentang Rp 0 --- Rp 500 ribu. UKT kategori II ada di rentang Rp 500 ribu --- Rp 1 juta. UKT kategori III ada di rentang Rp 1 juta --- Rp 2 juta. UKT kategori IV ada di rentang Rp 2 juta --- Rp 4 juta. UKT kategori V ada di rentang Rp 4 juta --- Rp 6 juta.

Kemudian UKT kategori VI ada direntang Rp 6 juta --- Rp 7,5 juta. UKT kategori VII ada di rentang Rp 7,5 juta --- Rp 10 juta. UKT kategori VIII ada di rentang Rp 10 juta --- Rp 12,5 juta. 

UKT kategori IX ada di rentang Rp 12,5 juta --- Rp 15 juta. UKT kategori X ada di rentang Rp 15 juta --- Rp 17,5 juta. Lalu UKT kategori XI ada di rentang Rp 17,5 juta --- Rp 20 juta.

Selain rumpun di atas, ada rumpun ilmu sosial dan humaniora yang terdiri dari fakultas hukum, ekonomi dan bisnis, ilmu pengetahuan budaya, psikologi, ilmu sosial dan ilmu politik, dan ilmu administrasi. Dalam rumpun ilmu ini, ada sedikit perbedaan di salah satu kategori UKT di Fakultas Hukum dengan fakultas lain di rumpun yang sama, yakni UKT kategori IV di rentang Rp 2 juta --- Rp 3 juta.

Sementara untuk fakultas yang lainnya di rumpun ilmu sosial dan humaniora, UKT kategori I ada di rentang Rp 0 --- Rp 500 ribu. UKT kategori II ada di rentang Rp 500 ribu --- Rp 1 juta. UKT kategori III ada di rentang Rp 1 juta --- Rp 2 juta. UKT kategori IV ada di rentang Rp 2 juta --- Rp 4 juta. UKT kategori V ada di rentang Rp 3 juta --- Rp 4 juta.

Lalu UKT kategori VI ada di rentang Rp 4 juta --- 5 juta. Kategori VII ada di rentang Rp 5 juta --- 7,5 juta. Kategori VIII ada di rentang Rp 7,5 juta --- Rp 10 juta. UKT kategori IX ada di rentang Rp 10 juta --- Rp 12,5 juta. UKT kategori X ada di rentang Rp 12,5 juta--- Rp 15 juta. UKT kategori XI ada di rentang Rp 15 juta --- Rp 17,5 juta.

Berikutnya ada UKT untuk program pendidikan vokasi. Di mana, UKT kategori I ada di rentang Rp 0 --- Rp 500 ribu. UKT kategori II ada di rentang Rp 500 ribu-1 juta. UKT kategori III ada di rentang Rp 1 juta --- Rp 2 juta. UKT kategori IV ada di rentang Rp 2 juta-4 juta. UKT kategori V ada di rentang Rp 4 juta --- Rp 6 juta.

Lalu UKT kategori VI ada di rentang Rp 6 juta --- Rp 7,5 juta. Kategori VII ada di rentang Rp 7,5 juta --- Rp 10 juta. Kategori VIII ada di rentang Rp 10 juta-12,5 juta. UKT kategori IX ada di rentang Rp 12,5 juta --- Rp 15 juta. UKT kategori X ada di rentang Rp 15 juta --- Rp 17,5 juta. UKT kategori XI ada di rentang Rp 17,5 juta --- Rp 20 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement