Jumat 21 Jul 2023 10:22 WIB

Islamic University In Uganda Lanjutkan Kerja Sama Riset dengan UMS

Kedua kampus juga telah menjalin kerja sama pertukaran dosen.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Perwakilan IUIU Uganda saat melakukan kunjungan ke UMS.
Foto: Dokumen
Perwakilan IUIU Uganda saat melakukan kunjungan ke UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Islamic University In Uganda (IUIU) bakal melanjutkan kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Solo (UMS). IUIU berharap UMS akan dapat memberikan beasiswa tambahan sebagai bentuk kerja samanya.

Selain beasiswa, kedua kampus telah menjalin kerja sama di bidang riset dan pertukaran dosen untuk kepentingan mengajar. "Jadi kita bermaksud untuk melanjutkan kerja sama antara IUIU dengan UMS, karena pada 2018 kita sudah sepakati akan menjalankan kerja sama," kata perwakilan IUIU, Mpaata, Jumat (21/7/2023)

Nantinya, IUIU akan mengirimkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan di program magister dan doktor UMS, terutama di bidang Teknik Kimia. Mpaata juga menerangkan jika kerja sama antara mereka tetap dilangsungkan, akan ada keuntungan untuk masing-masing, baik dalam taraf universitas hingga negara.

"Jadi bisa nanti kalau kita melaksanakan begitu, berarti kedua negara ini akan bisa dapat keuntungan dari masing-masing. Kalau kita memang langsungkan begini tanpa halangan apapun, nanti akan ada kemajuan dalam bidang riset," kata dia.

 

Di sisi lain, Mpaata bercerita, sekarang hasil produksi Indonesia di komoditas pangan dan kebutuhan sehari-hari tersebar banyak di Uganda. "Saat ini, Uganda sudah mulai terbuka, tidak tertutup lagi," ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement