Kamis 14 Sep 2023 13:36 WIB

Angkat Potensi Pemuda, FMIPA UNY Laksanakan Program Rumah Pintar di Gunungkidul

Pembukaan Haska JMF FMIPA UNY dilaksanakan di Balai Kalurahan Giring.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UNY.
Foto: Dokumen.
Kampus UNY.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI -- Himpunan Aktivitas Kajian Agama Jamaah Musala Al-Furqan (Haska JMF) Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) 2023. PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Program ini dilaksanakan selama tiga bulan dari Agustus-Oktober. Haska JMF melalui program ini mengusung tema ‘Giring Masbatik (Mandiri, Sehat, Berbudaya, Cerdas Literasi dan Teknologi): Rintisan Rumah Pintar Guna Meningkatkan Peran Pemuda di Desa Giring. Desa Giring merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Desa ini memiliki banyak potensi yang belum dioptimalkan, di antaranya banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) usia produktif, kentalnya nilai budaya desa, dan kondisi yang cocok untuk berternak. Selain itu, desa ini juga memiliki beberapa permasalahan yang perlu untuk diselesaikan, yakni rendahnya kesadaran penjagaan kesehatan pada remaja dan rendahnya taraf pendidikan yang diikuti dengan rendahnya literasi,” kata Ketua Haska JMF, Alfi Syahril, Kamis (14/9/2023).

Alfi mengatakan, melihat potensi dan permasalahan tersebut, Haska JMF merancang program Rumah Pintar yang bergerak dalam lima bidang, yaitu Kesehatan Ternak, Kesahatan Masyarakat, Budaya, Literasi, dan Teknologi. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak muda agar mengoptimalkan perannya di bidang masing-masing.

 

“Harapannya program ini dapat bermanfaat bagi pemuda Desa Giring secara berkelanjutan,” ujarnya. Pembukaan PPKO Haska JMF dilaksanakan di Balai Kalurahan Giring pertengahan Agustus lalu.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Staf Ahli Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Arwan Nur Ramadhan, dan pembina dan jajaran Pimpinan Kelurahan Desa Anna Rakhmawati.

Melalui forum tersebut disampaikan bahwa pemuda Desa Giring cukup antusias menyambut program ini, karena dirasa sangat dibutuhkan untuk pengembangan potensi pemuda. Arwan berharap agar program tersebut bisa memberikan kebermanfaatan dan berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement