Jumat 29 Sep 2023 08:30 WIB

Kondisi Cuaca DIY Hari Ini, Warga Pesisir Diminta Waspada

Pergerakan angin dilaporkan dengan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Gelombang tinggi. Ilustrasi
Foto: 2space.net
Gelombang tinggi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi (BMKG Stamet) YIA memprediksi kondisi cuaca pada Jumat (29/9/2023) ini cerah berawan di DIY. Kondisi ini diprediksi akan terjadi sejak pagi hingga sore hari ini. 

"Pagi cerah berawan, siang hingga sore juga cerah berawan," tulis BMKG Stamet YIA dalam keterangan resminya, Jumat (29/9/2023). 

Sementara itu, pada malam hari diperkirakan kondisi cuaca berawan. Lebih lanjut, BMKG Stamet YIA juga menyebut bahwa suhu udara di DIY tercatat berkisar antara 19-31 derajat Celsius. Sedangkan, untuk kelembaban udara mencapai 55-95 persen pada Jumat (29/9/2023) ini. 

Begitu pun, dengan arah angin yang mana bergerak dari timur laut ke selatan. Pergerakan angin ini dilaporkan dengan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Stamet YIA memperkirakan adanya potensi gelombang tinggi di perairan selatan DIY. Tinggi gelombang itu diperkirakan berkisar antara 2,5 meter sampai empat meter. "Prakiraan gelombang laut masuk kategori tinggi," tulis BMKG Stamet YIA.

Untuk itu, masyarakat diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi di perairan selatan DIY ini. Utamanya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir maupun warga yang beraktivitas di wilayah perairan. 

"Waspadai potensi gelombang laut tinggi di perairan Yogyakarta," tulis BMKG Stamet YIA.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement