Ahad 01 Oct 2023 20:57 WIB

Baru Dirilis, 3D Jungkook BTS Sukses Puncaki Tangga Lagu Dunia

Kendati begitu, muncul kontroversi dalam perilisan lagu ini.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Salah satu adegan di video klip lagi terbaru Jungkook BTS berjudul 3D.
Foto: Dok BigHit
Salah satu adegan di video klip lagi terbaru Jungkook BTS berjudul 3D.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Single baru Jungkook BTS mengambil alih tangga musik internasional. Pada 29 September pukul 13.00  KST, Jungkook membuat comeback yang sangat dinanti-nantikan dengan single digital barunya 3D yang menampilkan Jack Harlow.

Segera setelah dirilis, lagu itu naik ke puncak tangga lagu iTunes di banyak negara, dilansir dari Soompi. Pada pukul 08.00 KST pada 30 September, 3D telah mencapai nomor 1 di tangga lagu iTunes Top Songs di setidaknya 100 wilayah berbeda di seluruh dunia.

Termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Kanada, Italia, dan banyak lagi. Selain itu, versi instrumental dan alternatif dari 3D mencapai nomor 2 dan 3 di tangga lagu iTunes Top Songs di banyak negara.

Sementara itu, video musik 3D juga telah memperoleh penayangan dengan kecepatan yang mengesankan. Pukul 09.00 KST pada 30 September, video tersebut telah melampaui 11,7 juta penayangan di YouTube.

Kendati begitu, muncul kontroversi dalam perilisan lagu ini. Beberapa lirik telah disensor di situs streaming musik Korea, hal yang tidak mereka lakukan di Youtube atau situs lirik biasa.

Situs seperti MelOn dan Genie, yang merupakan situs Korea, semuanya menyensor lagu 3D. Sebagian besar lirik itu berasal dari bagian Jack Harlow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement