Rabu 04 Oct 2023 08:32 WIB

Wayang Jogja Night Carnival Kembali Digelar

Tahun ini, warga maupun wisatawan bisa menyaksikan WJNC secara langsung.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Artis dari perwakilan kecamatan tampil saat Wayang Jogja Night Carnival #4 di Tugu Jogja, Yogyakarta, Senin (7/10/2019) silam.
Foto: Republika/ Wihdan
Artis dari perwakilan kecamatan tampil saat Wayang Jogja Night Carnival #4 di Tugu Jogja, Yogyakarta, Senin (7/10/2019) silam.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) akan kembali digelar yang di 2023 ini dilaksanakan di kawasan Tugu Yogyakarta, Sabtu (7/10/2023). WJNC #8 tahun ini mengangkat tema 'Pandawa Mahabhiseka' yang merupakan cerita carangan dalam Mahabharata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, kegiatan ini akan menjadi puncak acara HUT Ke-267 Kota Yogyakarta. WJNC #8 masih akan memadukan empat hal yang menjadi ciri khas WJNC yakni wayang, Tugu, vehicle (pawai), dan malam hari.

"Pelaksanaan WJNC menjadi salah satu daya tarik wisata," kata Wahyu di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (3/10/2023).

Wahyu menuturkan bahwa untuk WJNC tahun ini, warga maupun wisatawan bisa menyaksikan secara langsung. Pasalnya, panitia menyediakan tiket untuk wisatawan ataupun penonton yang akan menikmati WJNC.

 

Menurut Wahyu, antusiasme penonton sudah terasa sejak beberapa hari sebelum hari-H karena sudah terjualnya ribuan tiket WJNC #8. Tiket ini dijual secara daring, yang sudah berlangsung sejak 26 September dan akan berakhir hingga 6 Oktober 2023 nanti.

Untuk tiket dikelola oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) dengan laman bit.ly/tiketwjnc8. "Antusiasme warga dan wisatawan ternyata sangat luar biasa. Ternyata pertunjukan WJNC yang setiap tahunnya diselenggarakan ini memiliki banyak penggemar. Bahkan dari 10 tribun, 8.000 tiket sudah habis terjual,” ucap Wahyu.

Selain itu, pihaknya juga membuka peluang kepada warga dan wisatawan yang ingin menyaksikan WJNC #8 untuk mendapatkan tiket gratis. Syaratnya, kata Wahyu, yakni dengan mengikuti dan subscribe akun Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, yang mana nantinya diperlihatkan ke panitia di hari H kegiatan WJNC ini digelar.

"Nanti akan kami berikan gelang khusus yang tentunya ini sangat terbatas, sehingga harapannya warga bisa mengakses sebelum acara dimulai,” jelas Wahyu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa jika ada yang tidak mendapatkan tiket, akan tetap bisa menyaksikan event tahunan ini. Masyarakat ataupun wisatawan bisa melihat di dua titik berbeda yang berada di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro.

"Kami mengimbau masyarakat untuk hadir lebih awal. Selain, mendapatkan spot nyaman melihat WJNC #8, juga membantu kami dalam mengatur transportasi agar lebih teratur dan tertib, sehingga penyelenggaraan WJNC tahun ini berjalan dengan lancar," ungkap Wahyu.

Pihaknya berharap, event WJNC tidak hanya milik pemerintah saja, namun milik bersama warga Kota Yogyakarta. Dengan begitu, kemeriahaan dalam pelaksanaan WJNC bisa dirasakan oleh banyak orang.

"Kesuksesan WJNC harapannya bisa dirasakan banyak orang. Tidak hanya pemerintah saja, namun warga Kota Yogya, bahkan wisatawan yang dengan sengaja berkunjung ke sini," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement