Selasa 10 Oct 2023 16:18 WIB

Kemendikbudristek Sambut Baik Langkah Penataan Peraturan dan Organ UNS

Pemilihan rektor rencananya dilakukan pekan ketiga Januari hingga Februari 2024.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
 Sejumlah pimpinan UNS menjalin koordinasi dengan Kemendikbudristek terkait perkembangan kelembagaan UNS.
Foto: Dokumen
Sejumlah pimpinan UNS menjalin koordinasi dengan Kemendikbudristek terkait perkembangan kelembagaan UNS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sejumlah pimpinan UNS menjalin koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait dengan perkembangan kelembagaan universitas itu, bertempat di Lantai 3 Gedung D, Senin (9/102/2023).

Dalam pertemuan tersebut, dari pihak UNS dihadiri oleh rektor, ketua Senat Akademik, wakil rektor, sekretaris Senat Akademik, sekretaris UNS, ketua Satuan Pengawas Internal. Hadir juga Plt Dirjen Diktiristek Prof Nizam, Plt Sekretaris Ditjen Diktiristek Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie, dan tim teknis yang dibentuk Menristekdikti untuk membantu tugas menteri selaku pelaksana tugas Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

"Dalam rapat koordinasi dibahas terkait penahapan penataan kelembagaan UNS baik yang telah dan yang akan dilakukan. Tim dari UNS menyampaikan penataan telah dimulai dengan pergantian antar waktu untuk Senat Akademik 2020-2023 pada Juli 2023 lalu. Kemudian, pada September 2023, telah terpilih keanggotaan Senat Akademik Fakultas dan Sekolah periode 2023-2028 yang akan mulai bertugas pada bulan Oktober 2023," ungkap keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (10/10/2023).

Sedangkan, untuk Senat Akademik Universitas periode 2023-2028 keanggotaannya telah terpilih dan sedang diajukan kepada Mendikbudristek Nadiem Makarim untuk ditetapkan dan mulai bertugas pada 20 Oktober 2023. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pemilihan ketua dan sekretaris Senat Akademik 2023-2028 serta ketua dan sekretaris komisi senat akademik.

 

Setelah itu, Senat Akademik dan perangkatnya terbentuk, tahapan berikutnya adalah pemilihan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) non ex-officio. Yakni tujuh orang wakil dari senat akademik, empat orang wakil masyarakat, satu orang wakil tenaga kependidikan, satu orang wakil dari mahasiswa, dan satu orang wakil dari alumni.

Pemilihan anggota MWA dijadwalkan dilakukan pada November-Desember 2023 dan direncanakan anggota MWA akan ditetapkan pada pekan keempat Desember 2023. Setelah MWA terbentuk, kemudian MWA akan menyusun tata cara penyusunan peraturan internal serta menyiapkan regulasi terkait pemilihan Rektor UNS periode 2024-2029 dan diharapkan sudah akan siap pada pekan ketiga Januari 2024.

Setelah itu akan ada sosialisasi peraturan MWA mengenai pemilihan rektor yang direncanakan dilakukan pada pekan ketiga Januari hingga Februari 2024. Di mana proses pemilihan mulai dari penjaringan, penyaringan, pemilihan, dan penetapan direncanakan dilaksanakan pada pekan pertama Februari 2024 hingga pekan keempat Maret 2024.

Nantinya, Rektor UNS periode 2024-2029 akan dilantik pada April 2024. "Plt Dirjen Diktiristek Prof Nizam bersama tim teknis menyepakati dan mengapresiasi langkah dan tahapan-tahapan menuju pemilihan rektor tersebut," urai keterangan tertulis tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement