Rabu 11 Oct 2023 09:45 WIB

Polsek Kretek Sidak Tempat Parkir Sepeda Motor Sekolah

Terdapat 31 kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Polsek Kretek melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMAN 1 Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (10/10/2023). Polisi menyasar ke parkiran sepeda motor di SMAN 1 Kretek. 
Foto: Humas Polres Bantul
Polsek Kretek melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMAN 1 Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (10/10/2023). Polisi menyasar ke parkiran sepeda motor di SMAN 1 Kretek. 

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Polsek Kretek melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMAN 1 Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (10/10/2023). Polisi menyasar ke tempat parkir sepeda motor di SMAN 1 Kretek.

Kelengkapan kendaraan sepeda motor milik siswa SMAN ini, diperiksa satu persatu oleh petugas. Hasilnya, ada 31 kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasinya dipisahkan dengan kendaraan lainnya.

"Sasaran razia adalah kendaraan yang tidak dilengkapi dengan spion, pelat nomor, serta menggunakan knalpot brong,” ujar Kapolsek Kretek AKP Haryanto.

 

Selain melaksanakan penertiban, Polsek Kretek juga melaksanakan pembinaan kepada siswa SMAN 1 Kretek yang menggunakan kendaraan tidak lengkap, dan memberikan penyuluhan tentang tata tertib berlalu lintas.

"Kami sudah beri imbauan kepada mereka untuk melengkapi atribut kendaraan bermotor yang sesuai dengan ketentuannya," jelas dia.

Ia mengatakan, kendaraan yang masuk kategori tidak sesuai dengan spesifikasinya itu di antaranya tidak ada spion kanan kiri. Lalu tidak ada pelat nomor, pajak mati, serta menggunakan knalpot brong.

"Setelah dilakukan pendataan, siswa diminta untuk membuat surat pernyataan yang isinya berjanji akan melengkapi atribut kendaraan bermotor yang sesuai dengan ketentuannya dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi," tuturnya.

Selain itu, dengan razia ini diharapkan dapat menekan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, serta untuk mengantisipasi maraknya kenakalan remaja.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement