Sabtu 04 Nov 2023 12:06 WIB

Cak Imin: Ada Bocoran Survei Terbaru, Perkembangannya di Luar Dugaan

Cak Imin menyebut survei terbaru positif untuk pasangan AMIN

Rep: C02/ Red: Nashih Nashrullah
Bacawapres Muhaimin Iskandar menyebut survei terbaru positif untuk pasangan AMIN
Foto: Republika/ ALI MANSUR
Bacawapres Muhaimin Iskandar menyebut survei terbaru positif untuk pasangan AMIN

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Bacawapres Koalisi Indonesia Perubahan Muhaimin Iskandar mengungkapkan ada hasil survei yang bocor kepadanya. Ia mengatakan survei tersebut berisi perkembangan yang di luar ekspektasi. 

"Ada survei yang bocor ke kita, yang kita juga buat insya Allah perkembangan di luar dugaan mohon doa dukungannya semua ikhtiar. Terutama partai-partai caleg, saya lihat pendukung semua semakin kerja keras karena potensinya sangat bagus," kata pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut di acara pertemuan dengan pengrajin-pengusaha batik di Solo, Jumat (3/11/2023) malam. 

Baca Juga

Cak Imin mengaku ada tiga survei yang didapatkannya. Dimana dari ketiga survei tersebut margin errornya juga mirip-mirip. 

Seperti diketahui, hasil sejumlah survei yang menunjukkan elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ‘AMIN’ paling rendah dibandingkan dua pasangan capres-cawapres lainnya, Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran. 

"Hari ini survei yang saya dapatkan semuanya sama, tiga tiganya margin error nya sama, itu yang internal kita punya," katanya. 

"Kalau yang diumumkan ya masing masing terserah, tergantung masing masing, saya akan keluarkan survei kita menang juga bisa juga. Tapi yang terbaru tiga tiganya sama persis artinya caleg caleg muda ini ada gunanya kerja dan saya tunggu kerja kerasnya di hari berikutnya," kelakarnya menambahkan. 

Sebelumnya diketahui, salah satu lembaga survei Indikator Politik Indonesia melaporkan bahwa Anies Baswedan berada di urutan ketiga terkait elektabilitas di Jawa Timur dengan persentase 14,4 persen.

Baca juga: Semangka yang Jadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina Disebutkan dalam Alquran?

Elektabilitas Anies berada di bawah bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan 43,9 persen dan Prabowo Subianto dengan 33,8 persen. Sedangkan sebanyak 8,0 persen menyatakan tidak memilih atau tidak menjawab.

Adapun hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melaporkan bahwa elektabilitas bakal calon presiden Anies Baswedan mengalami penurunan setelah mendeklarasikan diri berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

Elektabilitas Anies pada Agustus tercatat sebesar 19,7 persen, lalu turun sebesar 5,2 persen pada survei September sehingga menjadi 14,5 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement