Rabu 29 Nov 2023 12:28 WIB

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Sedang-Lebat di DIY Hari Ini

Kondisi cuaca ini dapat terjadi pada siang hingga sore hari.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi dapat terjadi di DIY pada Rabu (29/11/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi kondisi cuaca ini akan terjadi pada siang hingga sore hari.

Dikatakan bahwa potensi hujan sedang-lebat ini dapat terjadi di sebagian besar wilayah di DIY. Mulai dari Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul bagian timur dan barat, Kabupaten Gunungkidul bagian utara, dan Kabupaten Kulonprogo bagian utara.

Bahkan, hujan tersebut dapat disertai dengan angin kencang. Untuk itu, masyarakat diminta waspada, terutama di daerah yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang-lebat ini.

"Peringatan dini, waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," kata BMKG Stamet YIA, Rabu (29/11/2023).

BMKG Stamet YIA juga menyebut suhu udara pada Rabu (29/11/2023) ini bisa mencapai 23-32 derajat Celcius. Sedangkan, kelembapan udara bisa mencapai antara 55-95 persen.

Lebih lanjut dijelaskan angin bertiup dari arah barat daya ke selatan dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. Dengan begitu, BMKG Stamet YIA pun memperkirakan tinggi gelombang di perairan selatan DIY dapat mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 1.25 meter sampai 2,5 meter atau masuk kategori sedang," ujar BMKG Stamet YIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement