Jumat 01 Dec 2023 05:41 WIB

Libur Nataru, KAI Daop 8 Tambah Enam KA Jarak Jauh 

Total KAI Daop 8 Surabaya menambah 63.720 tempat duduk KA jarak jauh.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Logo PT KAI
Foto: kai.id
Logo PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya akan menambah operasional enam KA jarak jauh pada periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023-2024). Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai 29 November 2023 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, dan seluruh saluran penjualan daring resmi lainnya. 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan total KAI Daop 8 Surabaya menambah 63.720 tempat duduk KA jarak jauh. Fasilitas tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan tujuan favorit seperti Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan lainnya. "Sehingga secara total terdapat 50 perjalanan KA yang berangkat dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya selama periode Nataru 2023/2024," jelasnya.

Baca Juga

Menurut dia, KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodasi minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru. Hadirnya KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru. Kemudian juga termasuk wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Adapun daftar KA tambahan untuk periode Nataru di Daop 8 Surabaya, yakni KA Sembrani Tambahan tujuan Gambir, keberangkatan pukul 05.45 WIB dan KA Kertajaya Tambahan tujuan Pasarsenen, keberangkatan pukul 20.40 WIB. Keberangkatan kedua KA ini dijadwalkan dari Surabaya Pasarturi. Sementara itu, KA tambahan untuk keberangkatan Surabaya Gubeng antara lain KA Tambahan Sgu-Kac tujuan Kiaracondong, keberangkatan pukul 07.35 WIB dan KA Sancaka Tambahan tujuan Yogyakarta, keberangkatan pukul 22.00 WIB.

 

Selanjutnya, Luqman juga mengungkapkan dua kereta tambahan yang berangkat dari Stasiun Malang. Kedua KA tersebut, yaitu KA Gajayana Tambahan tujuan Gambir, keberangkatan pukul 18.10 WIB dan KA Malioboro Ekspres tujuan Purwokerto, keberangkatan pukul 21.10 WIB.

Sementara itu, per Kamis (30/11), KAI mencatat sebanyak 82.566 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual. Hal ini berarti 18 persen dari tiket yang disediakan yakni 455.382 tiket, untuk periode angkutan Nataru. "Yakni tanggal 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024," ucapnya.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia.

Adapun KA yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini di antaranya KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng-Ketapang. Kemudian KA Malabar relasi Malang-Bandung, KA Jayabaya relasi Malang-Surabaya-Pasarsenen, dan lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement