Ahad 24 Dec 2023 11:03 WIB

Nataru, Rest Area Fungsional KM 439A Tol Semarang-Solo Dibuka

Ini untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung rest area KM 429A Ungaran.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Sejumlah pengguna jalan tol Semarang-Solo memanfaatkan waktu istirahat di rest area fungsional KM 439 A, Lemahireng, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.
Foto: Bowo Pribadi
Sejumlah pengguna jalan tol Semarang-Solo memanfaatkan waktu istirahat di rest area fungsional KM 439 A, Lemahireng, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Para pengguna jalan tol Semarang-Solo bisa menggunakan rest area fungsional KM 439A sebagai alternatif untuk beristirahat, pada saat melakukan perjalanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pengelola jalan tol ini bersama dengan stakeholder terkait telah menyiapkan rest area fungsional KM 439A di lingkungan Desa Lemahireng, Kecamatan Bawen, untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung rest area KM 429A Ungaran.

Terkait kesiapan fasilitas yang ada di rest area fungsional ini, telah dipastikan oleh Kapolres Semarang bersama dengan sejumlah Pejabat Utama (Pju) Polres Semarang, saat melakukan pengecekan posko pengamanan dan pelayanan Nataru 2024.    

“Nantinya, di rest area fungsional KM 439A difungsikan sebagai pengurai arus manakala terjadi  penumpukan kendaraan pengunjung di Rest Area 429A,” kata Kapolres Semarang, Achmad Oka Mahendra.

Rest Area fungsional KM 439A ini bisa menampung kurang lebih 150 kendaraan golongan I dan sudah didukung oleh fasilitas toilet, kamar mandi, tempat sholat, rumah makan, minimarket, juga SPBU modular.

“Di rest area fungsional KM 439A ini juga akan ditempatkan satu posko pengamanan (pospam) gabungan anggota Polres Semarang serta angggotaTNI  Kodim 0714/ Salatiga,” jelas kapolres didampingi Wakapolres Semarang, Kompol Fandy Setiawan.

Secara umum, lanjut Oka, dari hasil pengecekan persiapan Operasi Lilin Candi (OLC) 2023 tingkat Polres Semarang bisa berjalan dengan lancar, guna melakukan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2024.

Polres Semarang menyiapkan 10 posko pengamanan/posko pelayanan, yang terdiri dari enam posko pengamanan di sejumlah gereja, tiga posko pelayanan yang berada di rest area dalam ruas jalan tol dan satu posko terpadu bersama Pemkab Semarang.

Dalam operasi OLC 2023 ini, Polres Semarang menerjunkan 355 personel dibantu oleh unsur TNI dan pemkab. Operasi berlangsung selama 12 hari terhitung mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Kapolres juga mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati selama melaksanakan perjalanan liburan Nataru kali ini serta tetap mematuhi aturan maupun petunjuk petugas di lapangan.

“Sehingga kegiatan perayaan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar dan nyaman,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement