Sabtu 27 Jan 2024 18:16 WIB

Shin Tae-yong Berharap Buat Kejutan Bersama Timnas Indonesia Seperti Saat Latih Korsel

Korsel asuhan Shin Tae-yong pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Foto: dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) menyambut pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023. Indonesia dijadwalkan bertemu Australia di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Ahad (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

STY mengakui ini akan menjadi partai yang sulit bagi mereka. Ia menghormati Australia. Menurutnya, the Socceroos salah satu yang terkuat di turnamen ini.

Baca Juga

Untuk itu, STY akan mempersiapkan timnya dengan maksimal. Pasukan Garuda berisi skuad muda. Energi pantang menyerah sangat diperlukan di pertandingan besok.

STY dikenal pernah membuat sejarah unik. Pada Piala Dunia 2018, ia yang saat itu melatih Korea Selatan, mengalahkan Jerman di putaran grup. Sesuatu yang sebelumnya nyaris mustahil dilakukan. Pasalnya Der Panzer berada di kelas berbeda. 

Kini situasinya sangat mirip. Ia berharap bisa mengulang kisah serupa. "Saya akan sangat senang, jika ada keajaiban lain yang terjadi pada saya dan Indonesia, dan ini tidak mudah tentunya. Lawan sangat kuat," kata STY dalam konferensi pers pada Sabtu (27/1/2024).

Lalu bagaimana mereka menjalani duel prestisius ini? STY menegaskan, anak asuhnya akan tampil dengan mentalitas yang kuat dan tidak akan menyerah. Sebab di sepak bola, segala sesuatu bisa terjadi di lapangan. Sampai semuanya dinyatakan selesai.

"Kami akan sepenuhnya fokus sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Besok, selama 90 menit kami akan menampilkan yang terbaik dari kami," ujar STY.

Indonesia lolos sebagai salah satu dari peringkat ketiga terbaik. Sementara Australia menjuarai Grup B.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement