Selasa 27 Feb 2024 14:42 WIB

Ratusan Warga Ikuti Haflah Ikhtitam Ponpes Afkaaruna

Terdapat bazaar murah yang mana hasilnya akan didonasikan ke Palestina.

Rep: Nessa Kamalika/ Red: Fernan Rahadi
Suasana Haflah Ikhtitam dan Pengajian Akbar di kompleks Pondok Pesantren Afkaaruna, Harjobinangun, Pakem Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/2/2024).
Foto: Nessa Kamalika
Suasana Haflah Ikhtitam dan Pengajian Akbar di kompleks Pondok Pesantren Afkaaruna, Harjobinangun, Pakem Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pondok Pesantren Afkaaruna sukses menggelar Haflah Ikhtitam dan Pengajian Akbar di kompleks Pondok Pesantren Afkaaruna, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/2/2024). Kegiatan ini merupakan agenda besar untuk memperingati Haul Kiai Abdul Djalil Sibaweh ke-31, Haul Nyai Machmudah Bahri ke-19 dan Hari Lahir Afkaaruna ke-8. 

Beberapa pembicara ternama yang hadir pada acara tersebut di antaranya Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, KH Ahmad  Muwafiq, Habib Umar Zaky bin Abu Bakar Assegaf, Tuan Guru Ahmad Rafiq, Pengasuh PP Al-Muhdi Krapyak KH Agus Masruri, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Prof Waryono Abdul Ghafur,  Rektor UIN Mataram Prof TGH Masnun Tahir, dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail PBNU Alai Najib.

Perencanaan acara Haflah Ikhtitam dan Pengajian Akbar ini sudah berlangsung sejak Januari 2024.  "Acara ini setiap tahunnya ada dan ini merupakan peringatan tahunan yang mana setiap tahun kita melaksanakannya pada tanggal yang sesuai kalender Islam," ujar Amelia Intan Firdaus (32) selaku ketua panitia.

Acara Haflah Ikhtitam dan Pengajian Akbar di Afkaaruna bersifat terbuka dan mengundang seluruh warga sekitar dan seluruh orang tua wali dari santri. Ratusan warga pun terlihat menghadiri kegiatan tersebut.

 

Selain itu juga terdapat bazaar murah yang mana hasilnya akan didonasikan ke Palestina. Bazaar tersebut berisikan pakaian, barang-barang elektronik, serta sepatu yang masih layak pakai dan layak jual. Barang-barang tersebut didapatkan melalui donasi terbuka seluruh warga sekitar Ponpes Afkaaruna. 

"Yang didapatkan setelah mengikuti acara yang terpenting adalah ukhuwah Islamiyah-nya serta syiarnya. Syiar dalam seni hadrohnya dan pondoknya lewat pendidikan dan lain sebagainya. Harapannya terdapat simbiosis mutualisme, paling tidak anak kita mau mondok di sini,” kata Alwi, salah seorang peserta haflah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement