Ahad 05 May 2024 14:31 WIB

Pemda DIY Usulkan Rekrutmen 2.944 Formasi PPPK dan PNS

BKD DIY menyebut formasi PPPK ditujukan untuk honorer atau tenaga bantu. 

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Seleksi peserta calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
(ILUSTRASI) Seleksi peserta calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan 2.944 formasi untuk rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2024 ini. Formasi yang diusulkan itu untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Amin Purwani mengatakan, usulan formasi untuk rekrutmen CASN 2024 itu sudah disampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 30 April 2024.

Baca Juga

“Kami sudah mengusulkan dengan surat pertanggungjawaban usulan ditandatangani Sekretaris Daerah (sekda) dan sudah kami kirim,” kata Amin, saat dihubungi, Sabtu (4/5/2024).

Menurut Amin, 2.944 formasi yang diusulkan tersebut terdiri atas 354 formasi CPNS dan 2.590 formasi PPPK. Untuk CPNS diusulkan formasi tenaga teknis. Adapun untuk calon PPPK diusulkan formasi 184 guru dan 2.406 tenaga teknis.

Amin mengatakan, formasi PPPK akan ditujukan bagi tenaga honorer atau tenaga bantu di lingkungan Pemda DIY, yang masa kerjanya minimal dua tahun, serta telah masuk dalam basis data di Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya, kata dia, berdasarkan Undang-Undang (UU) ASN, tidak ada lagi perekrutan tenaga honorer atau tenaga bantu.

“Yang formasi 2.590 PPPK itu untuk tenaga bantu (honorer) kita. Kita usulkan semua tenaga bantu yang sudah terdaftar di Kemenpan RB dan BKN,” kata Amin.

Menurut Amin, pihaknya masih menunggu keputusan dari Kemenpan RB terkait usulan formasi CASN itu. “Untuk persetujuan, kami masih menunggu, tetapi coaching clinic (usulan formasi) untuk wilayah I, termasuk DIY, baru dimulai tanggal tanggal 5 sampai 8 Mei besok,” kata dia.

Amin mengatakan, pihaknya juga menunggu jadwal resmi seleksi CPNS maupun PPPK. Ia mengingatkan tidak ada “jalur titipan” dalam seleksi pegawai pemerintah itu. “Semua transparan karena hasil dari tes bisa dilihat langsung, nilainya berapa itu bisa langsung dilihat,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement