Rabu 08 May 2024 22:49 WIB

Trotoar di Delapan Titik Kota Madiun Diperbaiki

Anggaran perbaikan trotoar di masing-masing titik disebut di bawah Rp 200 juta.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Perbaikan trotoar jalan.
(ILUSTRASI) Perbaikan trotoar jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun, Jawa Timur, tengah mengerjakan perbaikan trotoar jalan di delapan titik yang didanai APBD 2024. Perbaikan dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki, sekaligus juga mendukung estetika kota.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Madiun Agus Tri Sukamto mengatakan, trotoar yang diperbaiki berada di ruas Jalan Diponegoro, Jalan Bolodewo, Jalan Imam Bonjol, Tanjung Raya, Setia Budi, Sedoro, Urip Sumoharjo, dan DI Panjaitan. Menurut dia, perbaikan trotoar itu dibagi dua tahap.

Baca Juga

“Tahap kedua baru berkontrak, sedangkan tahap pertama baru bisa dimulai dari H+7 Lebaran kemarin. Kalau dirata-rata, pengerjaan sudah sekitar 15-30 persen,” kata Agus, Rabu (8/5/2024).

Agus mengatakan, rata-rata panjang trotoar yang diperbaiki sekitar 320 meter. Menurut dia, pekerjaan yang dilakukan beragam. Mayoritasnya, kata dia, dilakukan penggantian kanstin atau pembatas trotoar biasa ke kanstin jenis S. Ada juga pembenahan pelat dan keramik yang rusak.

Menurut Agus, pekerjaan perbaikan trotoar di delapan titik ini bukan seperti di jalan jantung kota, misalnya di Jalan Pahlawan yang dilakukan pelebaran. “Karena itu, anggarannya juga tidak besar. Anggaran masing-masing titik di bawah Rp 200 juta, karena itu menggunakan sistem penunjukan langsung,” kata dia.

Agus mengatakan, perbaikan trotoar di delapan titik itu juga sesuai arahan pimpinan, agar kondisi trotoar yang bagus jangan hanya di jantung kota. Sejauh ini, kata dia, perbaikan trotoar masih berjalan sesuai rencana. “Insya Allah, dari jadwal rencana, semuanya masih on progres,” kata dia. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement