Senin 27 May 2024 16:20 WIB

UGM dan Universitas Qatar Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan

Kerja sama meliputi pertukaran profesor, dosen, ilmuwan, dan mahasiswa.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Rektor UGM Prof Ova Emilia (kiri) dengan Rektor Qatar University, Dr Omar Mohamed Al-Ansari.
Foto: OIA UGM
Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Rektor UGM Prof Ova Emilia (kiri) dengan Rektor Qatar University, Dr Omar Mohamed Al-Ansari.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi menjalin kerja sama di bidang Pendidikan dengan Universitas Qatar (QU), Ahad (26/5/2024) di Qatar. Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Rektor UGM Prof Ova Emilia dengan Rektor Qatar University, Dr Omar Mohamed Al-Ansari, disaksikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Qatar, HE Ridwan Hasan yang berlangsung di Universitas Qatar. 

Rektor UGM dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (27/5/2024) mengatakan bahwa terlaksananya kerja sama ini didukung oleh KBRI Doha Qatar. Adapun ruang lingkup kerja sama yang dijalin meliputi program pertukaran profesor, dosen dan ilmuwan, pertukaran mahasiswa, seminar, dan workshop bersama.

"UGM dan QU telah menjalin kemitraan jangka panjang, namun kerja sama tahun ini berfokus pada penguatan dan peningkatan program pengembangan akademik yang akan fokus pada Bahasa Arab dan Sastra Arab serta bidang lain yang terkait dengan Studi Islam," ujar Ova.

Menurutnya,  kerja sama ini juga menjadi pintu masuk peluang-peluang lain dan mendekatkan kedua institusi pada kemitraan yang lebih erat dengan harapan dapat memajukan inovasi daerah. Ia berharap setiap pihak yang terlibat dapat bekerja sama untuk mewujudkan tujuan kerjasama tersebut. Ia juga mendorong setiap fakultas dan unit di UGM untuk memaksimalkan kerja sama tersebut dan menciptakan beragam kolaborasi akademik yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti baik dari universitas maupun masyarakat Indonesia dan Qatar. 

Rektor Qatar University Omar Mohamed Al-Ansari, berharap kerja sama ini dapat semakin menjembatani pertukaran mahasiswa dan profesor antara Indonesia dan Qatar. "Inisiatif ini bertujuan untuk mempererat tidak hanya hubungan baik kedua universitas namun juga hubungan antara Indonesia dan Qatar," katanya.

Dalam kunjungan resminya ke Qatar, Rektor UGM didampingi Dekan Fakultas Geografi, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dekan Sekolah Vokasi, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Wakil Dekan Fakultas Teknik, Prof Sangidu dari Fakultas Ilmu Budaya, Direktur Kemitraan dan Hubungan Global, serta Kepala Kantor Urusan Internasional. Dalam kunjungan resmi ke Qatar yang difasilitasi oleh KBRI Doha, Qatar, Rektor mengunjungi tiga universitas di Qatar dan juga Qatar Foundation untuk berdiskusi mengenai kemungkinan peluang kerja sama dengan UGM.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement