Jumat 02 Aug 2024 14:55 WIB

Gerindra Telah Terbitkan Rekomendasi Calon untuk Pilkada Jateng

Gerindra telah memantapkan diri untuk mendukung eks kapolda Jateng, Ahmad Luthfi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Fernan Rahadi
Logo Partai Gerindra
Foto: dok. Republika
Logo Partai Gerindra

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono mengungkapkan, partainya telah menerbitkan rekomendasi bakal calon yang akan berkontestasi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tingkat kabupaten/kota di Jateng. Namun Gerindra masih belum memutuskan apakah akan mengusung calon dalam pemilihan wali kota Semarang. 

"Jadi memang sebagian kabupaten/kota sudah kita keluarkan rekomendasi. Semalam sudah 15 yang kita keluarkan rekomendasi; calon bupati dan wakil bupati di Jawa Tengah, termasuk wali kota (dan) wakil wali kota," kata Sudaryono seusai menghadiri acara di Markas Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Jumat (2/8/2024). 

 

Dia menambahkan, rekomendasi-rekomendasi tersebut merupakan hasil pengkajian yang cukup lama dan mendalam. Namun untuk calon wali kota atau wakil kota Semarang, Sudaryono menyebut partainya belum mengeluarkan rekomendasi. "Kota Semarang, belum keluar (rekomendasi)," ujarnya. 

 

Ketika ditanya perihal potensi koalisi untuk pemilihan wali kota Semarang, Sudaryono mengatakan Gerindra masih melakukan pendalaman. "Di semua pilkada, kita mendorong kader untuk maju. Baik menjadi bupati, wali kota, menjadi wakil bupati, wakil wali kota, kita dorong," ucapnya. 

 

Sementara terkait pemilihan gubernur (Jateng), Gerindra telah memantapkan diri untuk mendukung eks kapolda Jateng, Ahmad Luthfi. "Dukungan Gerindra sudah jelas, sesuai dengan rekomendasi dan surat tugas yang mungkin sebentar lagi akan kami publikasikan bahwa Gerindra Jawa Tengah mengusung Pak Haji Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur," kata Sudaryono. 

 

Sebelumnya Sudaryono diketahui sudah mencalonkan dirinya sebagai bakal calon gubernur Jateng. Namun dia tak bisa berkontestasi karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuknya menjadi wakil menteri pertanian. 

 

Terkait Ahmad Luthfi, selain Gerindra, eks kapolda Jateng itu juga sudah memperoleh dukungan dari Golkar, PAN, dan PSI. Luthfi dipandang menjadi kandidat kuat untuk memenangkan pilgub Jateng. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement