Selasa 31 Aug 2021 19:37 WIB

'Kesehatan Mental Lansia dan ODD Terganggu di Masa Pandemi'

Edukasi ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang gejala awal demensia.

Talkshow
Foto: dokpri
Talkshow "Sarana Ramah Lansia dan Demensia: Peran Kita Semua" serta peluncuran infografis dan e-booklet "Kenali 10 Gejala Umum Demensia Alzheimer", dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Hero Supermarket yang ke-50 tahun. Selasa (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai dan memasuki tahun kedua saat ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang, termasuk para lansia. Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), para lansia yang termasuk dalam komunitas rentan terpaksa harus mengurangi keterlibatan sosial. Hal ini membuat mereka tampak terisolasi dari kehidupan dunia luar dan mudah merasa kesepian. 

"Akibatnya, kesehatan mental dapat terdampak di masa sulit ini, terutama bagi kondisi penderita Alzheimer dan Orang Dengan Demensia (ODD) yang seringkali terlupakan," ujar Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk Diky Risbianto, dalam talkshow "Sarana Ramah Lansia dan Demensia: Peran Kita Semua" serta peluncuran infografis dan e-booklet "Kenali 10 Gejala Umum Demensia Alzheimer", Selasa (31/8).

Acara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Hero Supermarket yang ke-50 tahun. Hero Supermarket dan Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) kembali berkolaborasi mengedukasi masyarakat untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya mengetahui gejala awal dari demensia dan alzheimer.

Diky menyebutkan, Hero Supermarket tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia.  "Banyak pelanggan setia kami yang saat ini menjadi lansia dan tetap nyaman berbelanja di Hero Supermarket. Untuk itulah kami berkomitmen memberikan ruang belanja dengan fasilitas yang memberikan kenyamanan dan keamanan serta karyawan yang sigap melayani pelanggan yang membutuhkan. Semuanya ini untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik terutama untuk lansia di masa pandemi ini," katanya dalam talkshow tersebut.

 

Untuk itulah, talkshow ini menekankan pembahasan mengenai gejala demensia agar peserta dapat melakukan pencegahan dini maupun penanganan demensia dan lebih peduli serta mendukung komunitas ODD.

Sebelumnya, Hero Supermarket dan ALZI juga telah mengadakan sosialisasi dan sesi berbagi bersama seluruh karyawan khususnya yang secara langsung melayani pelanggan di gerai Hero yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

"Dengan adanya peluncuran video infografis dan e-booklet Kenali 10 Gejala Umum Demensia Alzheimer ini, kami berharap masyarakat Indonesia bisa lebih familiar dengan gejala yang mungkin dialami oleh orang di sekitar kita sehingga dengan mudah kita dapat mengambil langkah bijak lain dan dengan tepat memberikan bantuannya," ujar Diky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement