Rabu 01 Dec 2021 23:48 WIB

PMI Jember Blusukan ke Desa untuk Percepat Vaksinasi

Tim PMI dan Dinkes terus bersinergi untuk melakukan 'Serbuan Vaksinasi'.

PMI Jember Blusukan ke Desa untuk Percepat Vaksinasi (ilustrasi).
Foto: ANTARA/RAHMAD
PMI Jember Blusukan ke Desa untuk Percepat Vaksinasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JEMBER -- Tim vaksinator Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur blusukan ke beberapa pelosok desa untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember meneruskan program vaksinasi ke desa-desa, khususnya di daerah pinggiran," kata Ketua PMI Jember E.A.Zaenal Marzuki di Jember, Rabu (1/12).

Tim vaksinator PMI Jember saat ini melaksanakan vaksinasi COVID-19 di Desa KemuningsariKidul, Kecamatan Jenggawah dengan menyasar warga yang belum menerima vaksin. "Alhamdulillah warga Desa Kemuningsari Kidul sangat antusias mengikuti vaksinasi, sehingga kami harap bisa memenuhi target 1.000 dosis hari ini," tuturnya.

Jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi di Desa Kemuningsari Kidul yakni Astrazeneca untuk dosis 1 dengan cakupan sasaran sebanyak 300 orang, kemudian sisanya vaksin Pfizer dan Astrazeneca untuk dosis 2.

"Tim PMI dan Dinkes terus bersinergi untuk melakukan 'Serbuan Vaksinasi' sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 dan mewujudkan 'herd immunity' (kekebalan komunal)," katanya.

Zaenal menjelaskan tim vaksinator PMI aktif untuk membantu pemerintah dalam melakukan vaksinasi dan sudah melakukan kegiatan vaksinasi di 28 titik di Kabupaten Jember. "Berdasarkan catatan kami, tim vaksinator PMI sudah berhasil melakukan vaksinasi 9.885 orang yang tersebar di beberapa kecamatan di Jember, sehingga diharapkan target vaksinasi sebanyak 70 persen dapat terpenuhi," ujarnya.

Satgas Penanganan COVID-19 Jember, lanjut dia, sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi hingga akhir 2021, sehingga semua petugas kesehatan di Dinkes melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan vaksinasi sebanyak mungkin.

Kepala Desa KemuningsariKidul Dewi mengatakan pihaknya berterima kasih kepada PMI dan Dinkes Jember yang melakukan vaksinasi di desanya. "Vaksin sangat dibutuhkan untuk mencegah penyebaran COVID-19, sehingga kami imbau warga yang belum mendapatkan vaksin bisa segera ke puskesmas setempat atau gerai vaksinasi," katanya.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Jember tercatat capaian vaksinasi 55 persen untuk dosis 1, sedangkan untuk dosis 2 mencapai 24 persen dari total sasaran vaksinasi di Jember sebanyak 1,9 juta jiwa.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement