Ahad 19 Dec 2021 09:58 WIB

Kimchi, Makanan Khas Korea dengan Banyak Manfaat

Selain dari sawi putih, ada pula kimchi yang berbahan utama kubis, lobak, timun.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kimchi, makanan fermentasi khas Korea
Foto: pixabay
Kimchi, makanan fermentasi khas Korea

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Apa yang ada di benak pembaca Republika.co.id saat membicarakan tentang Korea Selatan? Selain musik K-Pop dan dramanya, Korea Selatan juga dikenal dengan kuliner lezatnya. Dari berbagai kuliner yang ada, kimchi termasuk makanan yang paling dikenal masyarakat luas.

Kimchi terbuat dari sawi putih yang difermentasikan lalu dicampur dengan bahan-bahan tradisional Korea lainnya. Selain terbuat dari sawi putih, ada pula kimchi yang berbahan utama kubis, lobak, timun, dan sebagainya. Kimchi biasa dinikmati secara utuh sebagai makanan sendiri, tapi dapat pula dijadikan sebagai pendamping untuk makanan lainnya.

Tidak hanya enak, kimchi juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini sejumlah manfaat kimchi yang perlu kalian ketahui, seperti yang dilansir dari BBC, Ahad (19/12) :

1. Bagus untuk kesehatan pencernaan

Ada sejumlah penelitian yang menyatakan makanan fermentasi seperti kimchi dapat meningkatkan bakteri baik di usus. Dengan kata lain, kemampuan tersebut bisa memperbaiki gangguan pencernaan seperti sembelit. Memasukkan berbagai makanan fermentasi ke dalam kuliner yan teman-teman sukai dapat meningkatkan kesehatan usus. Bahkan, sebagai hasilnya juga mampu mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Tingkatkan nilai gizi

Proses fermentasi biasanya dilakukan oleh bakteri lactobacillus. Keberadaan bakteri ini dapat meningkatkan nilai gizi makanan fermentasi. Pasalnya, lactobacillus mampu menyintesis vitamin dan mineral. Dengan demikian, proses fermentasi turut menonaktifkan beberapa senyawa yang kurang disukai atau biasa disebut sebagai anti-nutrisi.

3. Baik untuk jantung

Bakteri yang beperan dalam proses fermentasi biasanya mempunyai senyawa yang dikenal sebagai peptida aktif secara biologis. Salah satu senyawa yang dimaksud seperti asam linoleat terkonjugasi (CLA). Senyawa ini diketahui memiliki efek penurun darah sehingga kimchi dianggap mampu membantu menjaga pembuluh darah bersih dari efek merusak aterosklerosis.

4. Perbaiki kadar gula darah

Sebuah penelitian mengungkapkan, kimchi memiliki efek positif pada berat badan, indeks massa tubuh (BMI) dan manajemen glukosa. Untuk bisa membuktikan ini, memang diperlukan untuk penelitian lebih lanjut.

5. Kurangi inflamasi

Makanan yang melalui proses fermentasi seperti kimchi memiliki senyawa akif. Senyawa ini mempunyai efek anti-inflamasi untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, kimchi dianggap memiliki manfaat luas dari mendukung kesehatan pembuluh darah sampai meningkatkan memori dan fungsi kognitif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement