Ahad 13 Mar 2022 10:09 WIB

UMM Buka Beasiswa Talenta Unggul Camaba Berprestasi

Para calon mahasiswa semua program studi bisa mendapatkannya.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka Beasiswa Talenta Unggul untuk calon mahasiswa baru (camaba) jalur prestasi. Beasiswa yang dilaksanakan secara berkelanjutan ini diberikan mulai dari masuk hingga lulus kuliah melalui skema beasiswa bebas SPP sesuai Surat Keputusan Rektor.

Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Nurudin menjelaskan, beasiswa talenta unggul berupa bebas biaya SPP hingga mahasiswa lulus. Para calon mahasiswa semua program studi bisa mendapatkannya. "Adapun para calon mahasiswa fakultas kedokteran akan diberlakukan aturan tersendiri yang sudah disiapkan," katanya.

Untuk mendapatkannya, para camaba UMM bisa melengkapi beberapa syarat dan dokumen yang diperlukan. Jika mengambil jalur prestasi akademik, status mereka harus siswa lulusan 2019 hingga 2022.

Kemudian untuk rata-rata nilai rapor yang dimiliki minimal mencapai angka 80. Khusus untuk siswa Jurusan Farmasi, diperlukan rata-rata nilai IPA dan Matematika minimal di angka 80 selain rata-rata rapor.

 

Selain jalur prestasi akademik, para calon mahasiswa juga bisa mengambil jalur prestasi minat dan bakat. Beberapa prestasi di beragam bidang dapat digunakan untuk mendaftar jalur ini. Hal ini dimulai dari prestasi cabang olahraga, bidang seni hingga keaktifan organisasi.

Ada pula bidang LKTI yang mengharuskan calon mahasiswa memiliki prestasi karya tulis ilmiah. Begitupun untuk siswa yang memiliki torehan tinta emas di bidang keagamaan seperti penghafal Alquran 10 juz, juara MTQ, serta raihan membanggakan dalam bidang bahasa Arab.

Hal serupa juga berlaku untuk bidang sosial yang meliputi content creator, influencer, YouTuber dengan minimal 5.000 pelanggan hingga selebgram dengan jumlah pengikut minimal 10.000. Kelompok ini diutamakan bagi mereka yang aktif dalam membuat konten kreatif, edukatif, dan positif.

Menurut dia, pendaftaran jalur prestasi dibuka hingga 23 April 2022 mendatang. "Untuk info lebih lanjut, para calon mahasiswa bisa cek di pmb.umm.ac.id atau melalui akun Instagram @pmb_umm," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement