Ahad 24 Apr 2022 22:44 WIB

Pemkab Jember Siapkan Dua Bus Mudik Gratis ke Sumenep

Pendaftaran mudik gratis dibuka mulai Jumat lalu hingga Rabu (27/4/2022).

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan dua unit bus dan satu unit mobil elf untuk angkutan mudik bareng gratis dari Kabupaten Jember menuju ke Kabupaten Sumenep di Pulau Madura, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan dua unit bus dan satu unit mobil elf untuk angkutan mudik bareng gratis dari Kabupaten Jember menuju ke Kabupaten Sumenep di Pulau Madura, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan dua unit bus dan satu unit mobil elf untuk angkutan mudik bareng gratis dari Kabupaten Jember menuju ke Kabupaten Sumenep di Pulau Madura, Jawa Timur yang diberangkatkan pada 28 April 2022.

"Untuk masyarakat yang ingin ikut program mudik bareng gratis bisa datang ke Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) karena pendaftaran sudah dibuka mulai Jumat (22/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022) pukul 08.00-15.00 WIB," kata Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Jember Sujarwo saat dikonfirmasi per telepon, Ahad (24/4/2022).

Baca Juga

Menurutnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat jika ingin mengikuti program mudik bareng gratis yang disediakan Pemkab Jember, yakni syaratnya harus sudah vaksin ketiga atau booster, kemudian menyerahkan foto kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). "Mereka harus datang langsung ke Kantor Dishub Jember di Jalan Dewi Sartika karena kami tidak menyediakan pendaftaran secara daring, namun kami sudah sebar poster terkait dengan program mudik gratis dan ada narahubung yang bisa dihubungi," tuturnya.

Ia menjelaskan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti program mudik bareng gratis tersebut cukup tinggi karena sudah banyak yang mendaftar, bahkan kursi mudik gratis hingga Ahad siang hanya tersisa 15 kursi saja. "Kami menyediakan sebanyak 64 tempat duduk untuk program mudik bareng gratis ke Kabupaten Sumenep dan hingga Minggu siang sudah terisi sebanyak 49 orang yang sudah mendaftar, sehingga tersisa 15 kursi saja," katanya.

Sujarwo memprediksi kuota kursi mudik gratis akan habis dalam waktu dekat dan sebelum pendataran terakhir pada 27 April 2022 karena antusiasme masyarakat yang cukup tinggi mengikuti program tersebut. "Kami juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Dishub Jember," ujarnya.

Ia berharap program mudik bareng gratis tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahim ke kampung halaman dalam merayakan momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Sementara itu, Pemprov Jatim juga menggelar program mudik bareng gratis yang dilaksanakan pada 28 April 2022 dengan rute daerah tujuan yang berbeda di antaranya Surabaya-Jember, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Magetan, Surabaya-Madiun, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Ponorogo, dan Surabaya Pacitan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement