Selasa 21 Jun 2022 14:53 WIB

Tiga Organisasi Kemahasiswaan UMP Lolos Seleksi PPK Ormawa

Mereka dinyatakan lolos setelah melalui penilaian administrasi hingga seleksi akhir.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Salah satu kegiatan organisasi kemahasiswaan UMP.
Foto: Dokumen
Salah satu kegiatan organisasi kemahasiswaan UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sedikitnya tiga tim Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menerima pendanaan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Ormawa tahun 2022.

Ketiga Ormawa tersebut yakni Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Kimia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Insan Kamil, dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ilmu Kesehatan. Mereka dinyatakan lolos setelah melalui penilaian administrasi hingga seleksi akhir oleh DIKTI-RISTEK dengan total pendanaan sebesar Rp 114 juta.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMP, Efi Miftah Faridli, mengatakan proses seleksi proposal PPK Ormawa dibantu secara langsung melalui komitmen universitas dan biro kemahasiswaan terkait dengan reward bagi tim ormawa yang lolos.

Dalam regulasi yang dikeluarkan oleh penyelenggara, UMP wajib memberikan bantuan dari dana yang diberikan oleh penyelenggara sebesar 10 persen sebagai dana pendamping. Kemudian reward bagi mahasiswa yang lolos PPK Ormawa, ada regulasi KKN.

"Mahasiswa yang terlibat dalam PPK Ormawa dapat dikonversi setaraf dengan KKN sesuai dengan SK Rektor. Ungkapan terima kasih setinggi tingginya kepada pimpinan UMP, rektor, WR III, Tim SSC, kru BKA, pada dosen pendamping dan seluruh mahasiswa yang terlibat dalam PPK Ormawa ini,” jelas Efi Miftah, Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan PPK Ormawa ini dilaksanakan kurang lebih empat bulan dengan harapan ketiga tim yang lolos bisa melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana.

Ia berharap, mereka melaksanakan aktivitas PPK ormawa sesuai dengan rencana dan secara EMBER  (Efektif, Menyenangkan, dan Berdampak). Efektif itu waktu tidak terganggu dari kuliah, dana yang diberikan digunakan efektif dan efisien.

"Menyenangkan itu mereka harus bahagia melaksanakan kegiatan dan juga harus berdampak tentunya harus ada efek positif bagi masyarakat mitra atau desa mitranya," ujarnya.

Salah satu ketua tim ormawa UMP yang lolos dari Ketua IMM Insan Kamil Bachtiar Yusuf Rifai mengatakan  motivasi dalam mengikuti pengabdian masyarakat ini untuk membawa nama program studi juga mewujudkan cita-cita Ormawa mereka dalam berkontribusi di kancah nasional.

"Motivasi pertama saya dan teman teman tim PPK bertekad untuk lolos dan mewujudkan salah satu cita cita kami, yaitu ingin membawa nama IMM Insan Kamil dalam kancah nasional. Motivasi selanjutnya kami ingin  ikut memberikan kontribusi dalam membesarkan nama program studi dan universitas menjadi  unggul, modern, dan Islami," jelasnya.

Bachtiar mengatakan, dengan dukungan dan doa dari banyak pihak termasuk dari UMP tim ormawa sehingga tim ormawa dapat lolos pada PPK ini.

"Kami ucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang sangat luar biasa dari Ibu Dr Ana Andriani, selaku dosen pembimbing tim PPK IMM Insan Kamil, Bapak Dr Eko Muharuddin, selaku PIC Desa Cerdas SSC UMP, Bapak Dedy Irawan selaku ketua Prodi PGSD dan jajarannya,  Bapak Drs Eko Suroso, selaku Dekan FKIP dan jajarannya, SSC UMP, dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement