Senin 27 Jun 2022 23:18 WIB

DKPP Kota Madiun Lakukan Vaksinasi Ternak Sapi Cegah PMK

Sapi yang sudah mendapatkan vaksinasi lalu diberi tanda berupa neck tag.

DKPP Kota Madiun Lakukan Vaksinasi Ternak Sapi Cegah PMK (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Patrik Cahyo Lumintu
DKPP Kota Madiun Lakukan Vaksinasi Ternak Sapi Cegah PMK (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Jawa Timur, memvaksinasi ternak sapi yang ada di wilayahnya guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) agar tidak semakin menyebar.

Kepala Bidang Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun Wahyu Niken Febrianti mengatakan total terdapat 131 ekor sapi yang menjadi sasaran dari 174 populasi ternak sapi di Kota Pendekar Madiun. "Selisihnya itu sapi yang terindikasi sakit, baru sembuh dari sakit, atau berada di lingkungan sapi yang sakit. Itu tidak menjadi sasaran vaksinasi PMK," ujar Wahyu Niken Febrianti disela kegiatan vaksinasi di Madiun, Senin (27/6/2022).

Baca Juga

Petugas menggunakan vaksin sebanyak 2 mililiter untuk disuntikkan kepada hewan ternak. Sapi yang sudah mendapatkan vaksinasi lalu diberi tanda berupa neck tag.

Selanjutnya, vaksinasi tahap II dilakukan pada empat pekan setelah vaksinasi dosis pertama diberikan. Menurut Niken, terdapat 39 ekor ternak sapi di Kota Madiun yang positif terkontaminasi PMK.

 

Sesuai data, per tanggal 26 Juni 2022, dari 39 sapi sakit PMK itu, sebanyak 10 sapi di antaranya sudah sembuh. "Sedangkan, sisanya masih dalam tahap pengobatan suportif dari tim DKPP. Alhamdulillah, belum aja kasus kematian sapi. Semoga tidak ada," kata dia.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi dilakukan secara serentak dalam satu hari. DKPP membagi tim vaksinator menjadi tiga kelompok. Masing-masing bertugas melakukan penyuntikan di Kecamatan Kartoharjo, Manguharjo, dan Taman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement