Selasa 02 Aug 2022 13:55 WIB

Amankan Tiket Semifinal, Timnas Indonesia Menang Telak Atas Kamboja

Komposisi pemain pada tahun ini lebih baik dari tahun lalu.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana setelah pertandingan Indonesia melawan Kamboja dengan skor 7-1 di di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Selasa (2/8/2022).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana setelah pertandingan Indonesia melawan Kamboja dengan skor 7-1 di di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Selasa (2/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Timnas Indonesia berada di puncak pada fase pertama pertandingan sepak bola cerebral palsy (CP) ASEAN Para Games (APG) 2022, setelah mengemas tiga kali kemenangan beruntun. Cahyana dkk menundukkan Myanmar, 7-1 pada pertandingan ketiga di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Selasa (2/8/2022) pagi.

Sebelumnya, Indonesia menang 3-2 atas musuh bebuyutannya, Thailand di arena yang sama. Setelah Cahyana memasukkan gol keempat di gawang Kamboja pada menit ke 35. Pelatih kepala sepak bola CP, Anshar, melakukan pergantian pemain.

Alasannya untuk persiapan final agar kondisi Cahyana sebagai pemain inti tetap dalam performa terbaik "Memang kami istirahatkan supaya bisa persiapan, mungkin di semifinal yang kedua besok dan juga kami harapkan di final bisa pulih," katanya usai pertandingan, Selasa (2/8/2022).

Menurut dia, dikeluarkannya Cahyana juga lantaran aturan. Bahwa pemain dengan kelas FT1 tidak boleh lebih dari satu dalam tim.

"Makanya saya keluarkan Cahyana sebagai pemain inti, kan FT1 lebih berat komposisi pemain saya mengganti ET1 karena harusnya ET1 juga ada di kiper. Namun karena tidak boleh dua orang jadi hanya memasukkan FT2," ujarnya.

Anshar menambahkan komposisi pemain pada tahun ini lebih baik dari tahun lalu sehingga targetnya masih emas. Namun, bukan hanya Indonesia, Thailand juga mengalami peningkatan walaupun telah kalah 3-2 di hari pertama (31/7/2022).

"Dibandingkan tahun lalu cuma berubah materi pemain seperti final di Malaysia. Sehingga kekuatan sama-sama bertambah karena lebih baik daripada tahun lalu, namun target tetap emas karena peluang lebih baik dari tahun lalu." kata dia.

Anshar juga mengatakan Thailand juga harus bersiap menghadapi Myanmar. Sebab beberapa pemain memiliki teknik yang bagus.

"Besok penentuan ke final, tapi tetap Thailand dia nanti beradu dulu sama Myanmar dengan ada dua pemain yang lumayan juga bisa umpan, shot, dan dribbling," ujarnya.

Posisi Indonesia dibuntuti Thailand yang meraih sekali kemenangan dengan skor besar 9-0 atas Kamboja pada pertandingan, Senin (1/8/2022) pagi. Sementara peringkat ketiga dan keempat diduduki Myanmar dan Kamboja.

Myanmar juga baru sekali meraih kemenangan, yakni unggul 4-0 atas Kamboja, Senin (31/7/2022). Namun, apabila Myanmar menang atas Thailand sore ini, peringkatnya akan menduduki posisi kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement