Rabu 24 Aug 2022 19:22 WIB

Meski Harga Tinggi, Stok Telur Aman

Kebutuhan akan telur masih tinggi dan harganya pun masih tinggi.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Meski Harga Tinggi, Stok Telur Aman (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Meski Harga Tinggi, Stok Telur Aman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Harga telur ayam ras mengalami kenaikan di Pasar Legi sejak Jumat (19/8/2022) lalu. Namun, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo mengatakan stok aman meski harga tinggi. 

Heru Sunardi selaku Kadisdag mengatakan bahwa kebutuhan akan telur masih tinggi dan harganya pun masih tinggi. Namun, ia yakin bahwa stok telur untuk kota solo masih bisa tercukupi.

Baca Juga

"Cuma kalau dari kandangnya tinggi dengan tata kelola pemasarannya lewat distributor lewat pengecer itu kan akhirnya (harga telur) jatuhnya masih tinggi," kata Heru ketika dihubungi Selasa (24/8/2022).

Harga normal telur ayam ras berada di kisaran Rp 22 ribu hingga Rp 23 ribu per kilogramnya (kg). Menurutnya, kenaikan harga telur ayam tidak hanya di Kota Solo saja, namun di seluruh wilayah Solo Raya.

"Kalau distributor yang ada di pasar Legi, teman-teman yang kami kenal itu mereka mengambil dari Kabupaten Karanganyar, Sragen," ungkapnya.

Heru berpendapat bahwa harga telur ayam tidak hanya akibat kenaikan harga pakan ayam. Namun, harga sewa kandang, biaya perawatan, serta upah tenaga kerja juga mempengaruhi kenaikan harga telur ayam di pasaran.

Ditambah dengan adanya Program Keluarga Harapan (PKH) ikut mempengaruhi harga telur. Oleh karena itu, sebagai antisipasi ia menyampaikan usulan kepada Dinas Sosial (Dinsos) agar penyaluran bantuan PKH tidak dilakukan secara serentak.

"Karena kalau penyalurannya itu serentak, pasti akan ada salah satu kebutuhan pakan pokok yang naik. Pertumbuhan bahan pokok yang naik itu akan menjadi penyumbang inflasi,gitu rentetannya,"pungkasnya.

Sementara itu, Salah satu pedagang telur ayam, Maryani (46) mengatakan sebelum mengalami kenaikan, harga telur ayam rerata Rp 25.000 per kilonya.

"Dua hari kemudian jadi Rp 27.000, lalu sekarang sudah naik lagi, soalnya dari peternaknya juga naik," kata Maryani.

Menurut data pantauan dari lurah Pasar Legi Nurahmadi mengatakan bahwa harga telur ayam ras per Rabu, (24/8/2022) reratanya Rp 29 ribu rupiah/kg. Sedangkan harga telur ayam kampung dua ribu rupiah per butirnya.

Sedangkan untuk harga telur ayam ras per Sabtu (20/8/2022) dihargai Rp 28.500 per kgnya dan telur ayam kampung dua ribu rupiah per butirnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement