Senin 05 Sep 2022 16:08 WIB

BI Purwokerto Luncurkan Desa Wisata Sadar QRIS

Ini merupakan rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2022.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Peluncuran Desa Wisata Sadar QRIS di DCF 2022, Jumat (2/9/22).
Foto: BI Purwokerto
Peluncuran Desa Wisata Sadar QRIS di DCF 2022, Jumat (2/9/22).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Untuk mendukung implementasi sistem pembayaran non-tunai, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Purwokerto mengimplementasikan QRIS di seluruh destinasi wisata yang berlokasi di Dataran Tingi Dieng, Jawa Tengah.

Implementasi QRIS ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Bank Jateng Kabupaten Banjarnegara, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa. Destinasi wisata tersebut antara lain adalah Candi Arjuna, Museum Kailasa, dan Kawah Sikidang.

Lebih lanjut, KPwBI Purwokerto juga mengimplementasikan QRIS kepada 30 homestay syariah dan pelaku UMKM di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

"Dengan demikian, seluruh transaksi yang dilakukan wisatawan di Dataran Tinggi Dieng dapat menggunakan pembayaran non-tunai menggunakan QRIS, mulai dari destinasi wisata, akomodasi, dan UMKM berupa toko oleh-oleh," ujar Kepala BI Purwokerto, Rony Hartawan.

Peluncuran pada Jumat (2/9/2022) ini merupakan rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2022 dan QRIS Jazz Atas Awan sebagai bentuk edukasi QRIS yang dipadukan dengan dukungan Bank Indonesia terhadap sektor pariwsata dan ekonomi kreatif.

Menurut Rony, seluruh transaksi yang berada di booth sekitar panggung Dieng Culture Festival 2022 juga menggunakan QRIS.

"Diharapkan melalui implementasi tersebut dapat meningkatkan awareness dan user experience masyarakat untuk lebih memahami sistem pembayaran non tunai, khususnya melalui QRIS," ujar Rony Hartawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement