Jumat 28 Oct 2022 18:42 WIB

Bawaslu Kulonprogo Minta Panwaslu Kecamatan Bekerja Profesional

Animo masyarakat yang mendaftar sebagai anggota panwaslu kecamatan sangat tinggi.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) (ilustrasi)
Foto: Antara
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta 35 anggota panwaslu kecamatan yang dilantik bekerja penuh tanggung jawab dan profesional dalam mewujudkan Pemilu 2024 berintegritas.

Ketua Bawaslu Kulonprogo Ria Harlinawati mengatakan sebanyak 35 anggota panwaslu kecamatan yang dilantik merupakan pengawal demokrasi dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Kulonprogo.

"Kami percaya bahwa anggota panwaslu kecamatan yang dilantik mampu mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Kami meyakini anggota panwaslukecamatan akan memberikan dedikasi dan loyalitas yang terbaik untuk Pemilu2024," kata Ria Harlinawati saat pelantikan 35 anggota panwaslu kecamatan, Jumat (28/10/2022).

Ia mengatakan animo masyarakat yang mendaftar sebagai anggota panwaslu kecamatan sangat tinggi. Jumlah pendaftar sebanyak 216 orang. Jumlah ini meningkat karena pada Pemilu 2019 hanya 157 pendaftar.

"Kami melakukan seleksi administrasi di mana dari 216 pendaftar ada 206 nama yang lolos seleksi dan berhak mengikuti tes tertulis. Kami mendapat 72 nama dari setiap kecamatan yang berhak mengikuti tes wawancara. Dari 72 nama, kami mendapat 36 anggota panwaslukecamatan yang dilantik hari ini (Jumat)," katanya.

Ria berharap Pemkab Kulonprogo, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dan pemerintah kecamatan untuk mendukung bawaslu dan jajaran guna mengawal Pemilu 2024 agar menjadi pemilu berintegritas dan menghasilkan pemimpin berkualitas.

"Setelah anggota panwaslukecamatan kami lantik, hari ini kami langsung melakukan bimbingan teknis pelatihan dengan harapan mereka sudah siap melakukan pengawasan," katanya.

Ia berharap anggota panwaslu kecamatan di Kulonprogo yang dilantik melakukan tugas dengan profesional.

"Kami mengharapkan emban amanah ini dengan setulus hati, penuh tanggung jawab, dan melakukan tugas dengan bekerja keras, ikhlas, dan tuntas," katanya.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Pemkab Kulon Progo Untung Waluyo berharap panwaslukecamatan benar-benar menjalankan tugasdengan penuh amanah, tanggung jawab, dan turut menciptakan kondisi yang aman tenteram dalam masyarakat.

Untung minta kerja sama dari seluruh pihak agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan tertib dan aman.

"Dukungan dari semua pemangku kepentingan terkait dan seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan hal tersebut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement