Senin 05 Dec 2022 17:54 WIB

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Bakal Libatkan Seniman Lokal

Ada sembilan titik sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang akan digunakan kirab.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Jubir pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming, mengungkapkan rencana acara ngunduh mantu akan diramaikan seniman asli Solo, Senin (5/12).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Jubir pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming, mengungkapkan rencana acara ngunduh mantu akan diramaikan seniman asli Solo, Senin (5/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Acara Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah, Ahad (11/12/2022) disebut akan diramaikan oleh para seniman lokal Solo dari berbagai genre.

Juru bicara (jubir) pernikahan antara putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan hal tersebut ketika ditemui di Balai Kota Solo, Senin (5/12). Ia mengatakan ada sembilan titik sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang akan digunakan kirab. "Ada sembilan titik. Pokoknya seniman-seniman lokal yang mentas," katanya.

Selanjutnya, Gibran mengatakan tidak ada seniman ibu kota yang akan meramaikan acara pernikahan adik bungsunya. "Ndak, setahu saya ndak ada. Lo sek nduwe gawe wong Solo sek harus kecipratan orang Solo juga, sebisa mungkin orang Solo juga yang terlibat di sini," katanya.

Nantinya, Gibran menjelaskan sembilan titik itu akan menampilkan semua genre musik. "Semua ada, musik, tarian, dan lainnya," katanya.

 

Sementara itu, kelompok seniman ISI Solo telah ditunjuk untuk mengiringi prosesi ngunduh mantu Presiden Jokowi. Setidaknya ada dua kelompok gamelan telah disiapkan untuk pentas di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

"Persiapan kami sudah 90 persen untuk mentas di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina," ujar Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono

Sekadar informasi, Presiden Jokowi dalam waktu dekat akan menikahkan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Ijab kabul kedua mempelai direncanakan akan terselenggara di Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Sedangkan, acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi akan terselenggara di Loji Gandrung di Pura Mangkunegaran, Ahad (11/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement