Senin 02 Jan 2023 16:07 WIB

Strategi Bisnis Good Ponsel Tarik Perhatian Konsumen

Good Ponsel fokus terhadap pelayanan yang baik dan ramah.

Gerai Good Ponsel di Bali
Foto: dokpri
Gerai Good Ponsel di Bali

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Media sosial saat ini menjadi platform efektif bagi perusahaan atau bisnis untuk memasarkan produk mereka dan meningkatkan perhatian terhadap merek (brand awareness). Berbagai bisnis berlomba-lomba meningkatkan keterikatan (engagement) di media sosial demi menjangkau basis pelanggan yang lebih besar. Salah satu cara yang banyak digunakan ialah dengan mengadakan giveaway.

Seperti yang dilakukan gerai gawai (gadget) di Bali, Good Ponsel, dalam mempertahankan nama brand mereka di media sosial. Gerai gadget tersebut rutin mengunggah konten di akun media sosial mereka seperti kuis dan bagi-bagi hadiah untuk terus berinteraksi dengan audiens.

Marketing Manager Good Ponsel Indah Gita mengatakan, untuk meningkatkan keterikatan di media sosial, kita perlu memberikan motivasi yang jelas kepada para audiens.

"Kuis berhadiah ini jadi cara efektif bagi kami untuk menarik perhatian audiens. Tentunya dengan cara yang unik dan sesuai ciri khas kami untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di media sosial Good Ponsel," katanya dalam siaran pers, Senin (2/1/2023).

Ia bercerita pada awal berdirinya, Good Ponsel fokus terhadap pelayanan yang baik dan ramah serta selalu menjaga kualitas gadget yang dijual. Pelayanan yang baik tersebut memberikan pengalaman menyenangkan kepada pelanggan yang menyebar dari mulut ke mulut. Hal ini membantu pemasaran Good Ponsel secara offline dalam skala mikro.

Hal tersebut lantas tidak cukup untuk membuat tim manajemen Good Ponsel puas. Ditambah lagi dengan lokasi gerai Good Ponsel yang jauh dari pusat kota dan jalur cepat, serta posisi gerai yang kurang terlihat karena berada di dalam SPBU. Kekurangan ini membuat tim manajemen lebih tertantang dan fokus untuk meningkatkan brand awareness agar tetap ramai konsumen.

Berawal dari ketidakpuasan itu juga, tim manajemen mulai berpikir untuk melakukan pemasaran secara daringdengan sesuatu yang baru dan menarik. Good Ponsel mengadakan berbagai kuis berhadiah dan giveaway mendorong interaksi dan sisi kreatif para audiens.

Indah menambahkan, untuk membangun hype pada kuis-kuis berhadiah yang diadakan, pihaknya biasanya juga membuat konten yang relevan dengan hal-hal yang lagi happening saat itu.

"Misal, konten tentang Hari Ibu pada 22 Desember lalu, hingga konten tentang Piala Dunia yang ramai dibicarakan masyarakat. Jadi bukan cuma bagi-bagi hadiah, tapi juga ikut meramaikan hal yang lagi tren di masyarakat," katanya.

Dalam menentukan hadiah pun Good Ponsel biasanya memilih hadiah yang relevan dan bermanfaat bagi banyak audiens, seperti pulsa atau saldo e-wallet. "Yang paling penting bukan seberapa mahal atau jumlah hadiahnya, melainkan manfaat dan relevansi dari hadiah itu sendiri untuk audiens," kata Indah.

Di samping itu, Good Ponsel juga melakukan pemasaran dengan cara joget di media sosial TikTok. Indah mengungkapkan bahwa awalnya ini merupakan pilot project atau percobaan semata. Tanpa disangka, strategi tersebut ternyata membuat lebih banyak orang membicarakan brand mereka sehingga mendatangkan lebih banyak konsumen.

“Dengan potensi yang dimiliki para staf kami, konten joget ini biasanya mengikuti joget yang sedang viral dengan lagu yang sedang tren di TikTok. Meningkatnya engagement serta jumlah followers dari keberhasilan konten tersebut membuat Good Ponsel dikenal secara nasional dan berhasil mengekspansi secara makro," ujar Indah.

Selain aktif mengadakan kuis berhadiah, akun media sosial TikTok dan Instagram @goodponsel juga aktif memberikan info produk terbaru dan tidak jarang memberikan informasi seputar product knowledge, promo, dan konten-konten menarik seputar gadget. Kini akun media sosial mereka pun sudah diikuti oleh 2 juta pengikut di TikTok dan lebih dari 570 ribu pengikut di Instagram.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement